Pilihan

#NewsFlash: Prediksi Euro: Spanyol vs Jerman 5 Juli 2024 - Bola.net - Google Berita

35 Rumah di Subang Rusak Akibat Gempa Sumedang - inews

35 Rumah di Subang Rusak Akibat Gempa Sumedang

Selasa, 2 Januari 2024 | 22:30 WIB
Penulis: Elan Suherlan | Editor: LES
Rumah rusak di Kabupaten Subang akibat gempa Sumedang.
Rumah rusak di Kabupaten Subang akibat gempa Sumedang. (Beritasatu/Elan Suherlan)

Subang, Beritasatu.com – Guncangan gempa magnitudo (M) 4,8 di Kabupaten Sumedang terasa hingga Kabupaten Subang, bahkan menyebabkan puluhan rumah di Kecamatan Tanjungsiang rusak.

ADVERTISEMENT

Dilaporkan, sebanyak 35 rumah di Desa Cikawung, Kecamatan Tanjungsiang, Subang. mengalami kerusakan. Sebanyak tujuh rumah di antaranya mengalami rusak berat. 

BACA JUGA

Kerusakan rumah tersebut dikarenakan Kecamatan Tanjungsiang lokasinya berbatasan dengan Kabupaten Sumedang yang menjadi pusat gempa.

ADVERTISEMENT

Beberapa rumah mengalami retak-retak, bahkan ada yang dikhawatirkan ambruk jika terjadi gempa susulan. 

Evakuasi satu keluarga dilakukan untuk menghindari risiko, dan beruntungnya, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Masyarakat diimbau untuk waspada terhadap gempa susulan, dan Dinas Sosial Subang memberikan bantuan makanan kepada korban gempa.

" Kami datang ke sini untuk melihat kondisi pascabencana yang terjadi di Desa Cikawung, Kecamatan Tanjungsiang. Kami akan mengevaluasi, apakah rumah bisa diperbaiki dari bantuan pemerintah daerah atau tidak apa tergantung evaluasi hari ini," ujar Kepala Dinas Sosial Kabupaten Subang, Deden Hendriana, saat meninjau ke lokasi dampak gempa Sumedang, Selasa (2/1/2024).

BACA JUGA

Anggota DPRD Subang Hendra Purnawan yang turut hadir meninjau lokasi, meminta masyarakat jangan percaya kepada berita hoax. Ia meyakinkan warga, kalau pemerintah daerah bakal memberikan bantuan kepada warga yang terdampak gempa.

"Kita fokus informasi ada di pemerintah desa, pemerintah kecamatan dan pemerintah kabupaten dan provinsi. Kita berharap ke depan tidak ada lagi kejadian serupa di kabupaten Subang, khususnya di Kecamatan Tanjungsiang,"ujar Hendra.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek