Pilihan

5 Tips Taklukan Dunia Kerja bagi Orang Introvert - Beritasatu

5 Tips Taklukan Dunia Kerja bagi Orang Introvert

Rabu, 3 Januari 2024 | 14:31 WIB
Penulis: Jenni Rosmi Aryanti | Editor: TCE
Ilustrasi foto orang introvert.
Ilustrasi foto orang introvert. (Pexels/Cotton Bro Studio)

Jakarta, Beritasatu.com - Banyak yang berpikir orang introvert memiliki sifat misterius. Mereka cenderung suka menyendiri dan membatasi interaksi dengan orang lain, khususnya di tempat kerja.

ADVERTISEMENT

Orang introvert sering dianggap sebagai orang yang menolak bergaul. Padahal, sebenarnya ini hanya cara mereka untuk mengisi kembali energi setelah berinteraksi dengan orang lain.

Sikap introvert sering membuat orang kesulitan beradaptasi di lingkungan kerja, karena mereka merasa kurang nyaman berada di sekitar banyak orang. Namun, bukan berarti orang introvert tidak bisa berhasil dan menonjol di tempat kerja. Berikut ini tips mengatasi sikap introvert di tempat kerja yang bisa dilakukan.

1. Mengenal lingkungan kerja
Introvert selalu merasa canggung saat berada di tempat baru bersama orang yang tidak dikenal. Jika tidak diatasi, kondisi ini bisa membuat kinerja seorang introvert tidak maksimal.

ADVERTISEMENT

Untuk mempersiapkan diri, cobalah berkeliling kantor bersama salah satu rekan kerja. Cara itu bisa menjadi momen untuk saling mengenal. Buatlah diri senyaman mungkin di kantor dengan menempatkan barang-barang yang familiar, seperti foto atau dekorasi lainnya.

BACA JUGA

Lingkungan kerja juga erat kaitannya dengan hubungan dengan rekan kerja. Bagi seorang introvert, butuh waktu lebih lama untuk bisa bergaul dengan rekan kerja. Kuncinya adalah berpikiran terbuka.

2. Jadikan sikap introvert sebagai senjata
Seorang introvert dapat mengubah sikapnya menjadi suatu kebanggaan. Seorang ekstrovert memang lebih lantang dalam menyuarakan pendapat dan membuat introvert semakin tertutup. Namun, introvert bisa membuat dirinya menjadi sosok yang pandai mendengarkan, memahami, dan mencari solusi terbaik.

Ketimbang memberikan ide atau pendapat tanpa dasar, orang introvert akan lebih berhati-hati dalam berbicara. Dalam hal komunikasi, introvert cenderung lebih nyaman menggunakan tulisan dibandingkan ucapan. Introvert bisa memulai percakapan tentang pekerjaan melalui pesan singkat, bukan diskusi langsung.

3. Tanamkan pemikiran positif
Orang introvert biasanya memiliki rasa khawatir yang berlebihan. Kekurangan ini membuatnya menjadi orang yang kurang bisa menerima kritik, bahkan menutup diri sepenuhnya.

Tinggalkan pikiran buruk dan jadilah introvert yang percaya diri dengan menerapkan pola pikir positif. Saat dihadapkan pada kritik atau komentar pedas, jangan ambil hati.

Ingatkan diri sendiri kritik tersebut dimaksudkan untuk membantu seseorang melakukan pekerjaan dengan lebih baik, bukan sebagai ancaman atau serangan pribadi.

4. Luangkan waktu sejenak untuk beristirahat
Salah satu ciri introvert adalah keinginan untuk menyendiri. Bagi orang ekstrovert, sifat ini dianggap aneh dan membuat mereka menganggap seorang introvert sebagai orang yang dingin. Introvert akan sering merasa lelah ketika terlalu banyak berinteraksi sosial.

Tidak perlu ambil pusing, hal ini sangat wajar dialami oleh para introvert. Buatlah jadwal khusus untuk beristirahat sendirian dan menjauhi kebisingan. Apalagi jika introvert bekerja di perusahaan dengan ruang kerja yang terbuka sehingga semakin sulit untuk memiliki waktu tenang tanpa dikelilingi banyak orang.

BACA JUGA

5. Keluar dari zona nyaman
Sering kali pekerjaan mengharuskan seorang introvert melakukan hal-hal yang berada di luar zona nyaman. Pada awalnya mungkin mereka ragu untuk melakukannya.

Namun, cobalah pertimbangkan kembali mengapa seorang introvert tidak nyaman melakukannya. Jangan jadikan sikap introvert menjadi penghalang dalam mengembangkan karier.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek