Pilihan

#NewsFlash Prediksi Euro: Spanyol vs Jerman 5 Juli 2024 - Bola.net - Google Berita

69 Nyawa Melayang di Jalur Tengkorak Denpasar-Gilimanuk! - detik

 

69 Nyawa Melayang di Jalur Tengkorak Denpasar-Gilimanuk!

I Putu Adi Budiastrawan - detikBali
Jumat, 29 Des 2023 15:22 WIB
Konferensi pers akhir tahun Polres Jembrana di Aula Mapolres Jembrana, Jumat (29/12/2023). (I Putu Adi Budiastrawan/detikBali)
Konferensi pers akhir tahun Polres Jembrana di Aula Mapolres Jembrana, Jumat (29/12/2023). (I Putu Adi Budiastrawan/detikBali)
Jembrana -

Sebanyak 69 orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di Jalan Nasional Denpasar-Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Bali, sepanjang 2023. Jumlah korban tewas di jalur tengkorak tersebut meningkat dari catatan sepanjang 2022 yang hanya 58 orang.

Kapolres Jembrana AKBP Endang Tri Purwanto mengungkapkan 69 orang yang tewas tersebut merupakan korban dari total 399 kasus lakalantas yang terjadi di wilayah hukum Polres Jembrana pada 2023. "Dari 399 kasus kecelakaan, sebanyak 69 kasus menyebabkan korban jiwa, 2 kasus luka berat, dan 505 kasus luka ringan," kata Endang saat konferensi pers di Aula Mapolres Jembrana, Jumat (29/12/2023).

Endang menjelaskan peningkatan jumlah kecelakaan dan korban jiwa tersebut melibatkan semua jenis kendaraan, baik roda dua, roda empat, maupun kendaraan besar. Meski begitu, kecelakaan yang melibatkan kendaraan roda dua masih mendominasi dengan 282 kasus.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurut Endang, peningkatan lakalantas tersebut disebabkan oleh beberapa faktor. Termasuk meningkatnya mobilisasi masyarakat seiring dengan bertumbuhnya pariwisata Bali setelah pandemi COVID 19. Faktor lainnya adalah kurangnya kesadaran masyarakat untuk mematuhi peraturan lalu lintas hingga kondisi jalan yang kurang memadai.

Selain itu, Kabupaten Jembrana juga merupakan pintu masuk Pulau Bali melalui jalur darat. Akibatnya, jumlah kendaraan yang melintas di jalur Denpasar-Gilimanuk menjadi sangat padat.

"Jalan ini (Denpasar-Gilimanuk) juga merupakan jalur yang cukup rawan kecelakaan, terutama pada musim liburan. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya volume kendaraan yang melintas," imbuh Endang.

Endang mengimbau masyarakat untuk selalu memerhatikan keselamatan saat berkendara di Jalan Denpasar-Gilimanuk. "Kepada masyarakat yang menggunakan kendaraan bermotor, kami imbau untuk selalu mematuhi rambu lalu lintas, berhati-hati saat berkendara, dan tidak memaksakan diri jika lelah," pungkasnya.




Simak Video "Pelaku Curanmor Lintas Kabupaten di Bali Diciduk, Amankan 28 Motor"


(iws/dpw)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek