Pilihan

Apa Itu Beasiswa IISMA yang Viral di X? Ini Pengertian dan Cara Daftarnya - Medcom

 

Apa Itu Beasiswa IISMA yang Viral di X? Ini Pengertian dan Cara Daftarnya

Muhammad Syahrul Ramadhan - 01 Januari 2024 16:56 WIB
Apa Itu Beasiswa IISMA yang Viral di X? Ini Pengertian dan Cara Daftarnya
Ilustrasi/Medcom.id
Jakarta: Topik beasiswa IISMA sedang ramai menjadi perbincangan di platform X. Yuk, simak penjelasan dan cara daftarnya.

Beasiswa IISMA atau Indonesian International Student Mobility Awards ramai menjadi perbincangan setelah salah satu awardee mengunggah konten saat sedang belajar. Netizen pun memberi beragam komentar, termasuk gawai yang dipakai.

Netizen mengomentari iPad yang ada di konten tersebut hanya dipakai untuk timer. Komentar tersebut mendapat respons dari sang kreator yang menanggapi “serius”.

Sejumlah awardee lainnya juga ikut merespons komentar tersebut. Pembahasan soal IISMA ini pun akhirnya melebar ketika ada yang memberi komentar bahwa netizen benci dengan awardee IISMA karena pintar dan disayang negara.

Apa Itu Beasiswa IISMA yang Viral di X? Ini Pengertian dan Cara Daftarnya

(cuitan soal IISMA di X sumber: X @IISMAfess)

Balasan ini semakin memantik netizen menyoroti awardee IISMA. Ada yang menyebut komentar itu menunjukkan bahwa awardee tersebut tidak paham tujuan dari IISMA.

If u are an iisma awardee and you literally said, “kita orang pinter dan disayang negara”u literally missed the whole point of iisma… ignorant banget ngomong kaya gitu ketika masih banyak orang belum dapat hak pendidikan dasar dari negara,” balas @pers***.

Ga mau menggeneralisasikan tp anak iisma kata gw harus stop sombong sih... lu jalan-jalan aja pake duit negara bukan duit bapak lu jd kata gw mending jaga sikap dah lu pada,” balas @nay***.

Di tengah keramaian ini ternyata masih ada netizen yang belum tahu apa itu IISMA. Program Indonesia International Student Movement Award (IISMA) ini merupakan beasiswa pertukaran mahasiswa S1 dan vokasi dari pemerintah Indonesia untuk mengikuti perkuliahan selama satu hingga dua semester di universitas terbaik dunia.

Dalam beasiswa ini nantinya mahasiswa Indonesia akan diberikan berbagai bantuan selama di luar negeri selama satu maupun dua semester. Berikut ini benefit beasiswa IISMA:
  1. Biaya pendaftaran dan pendidikan
  2. Asuransi kesehatan
  3. Biaya tunjangan hidup
  4. Biaya penerbangan dan visa.

Program IISMA 2024 Dibuka Januari 

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) bakal membuka kembali program Indonesia International Student Movement Award (IISMA) pada tahun 2024. Pendaftaran akan dibuka pada bulan Januari.

"Untuk rekrutmen mahasiswa akan dilaksanakan mulai dari pada akhir Januari hingga akhir Februari 2024," ujar Ketua Program IISMA Rachmat Sriwijaya secara daring, dikutip Kamis 28 Desember 2023.
 

Persyaratan dan Cara Daftar IISMA

Syarat Mendaftar Beasiswa IISMA untuk Mahasiswa Program Sarjana
Indeks Prestasi Kumulatif minimal 3.0
Persyaratan Bahasa Inggris yang dibuktikan dengan skor TOEFL iBT (minimum 78)
IELTS (minimum 6.0)
Duolingo English Test (minimum 100)

Mahasiswa yang ingin mendaftar dapat melihat daftar perguruan tinggi dan mata kuliah yang ditawarkan di iisma.kemdikbud.go.id.   Setelah mengunjungi laman tersebut, calon peserta akan diminta mengisi borang pendaftaran beserta dokumen persyaratan di platform IISMA untuk mendaftar.

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(RUL)
  • Share on Whatsapp
  • Share on Line
  • Share on Twitter
  • Share on Facebook

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek