ESDM Optimistis Beli Gas Elpiji 3 Kg Pakai KTP Dapat Tekan Konsumsi - inews

ESDM Optimistis Beli Gas Elpiji 3 Kg Pakai KTP Dapat Tekan Konsumsi Kementerian ESDM optimistis program pembelian gas elpiji 3 kg menggunakan KTP mampu menekan konsumsi LPG subsidi. (Foto: Dok. MPI)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) optimistis program transformasi subsidi dengan metode pendaftaran dan pembelian gas elpiji 3 kg menggunakan KTP yang sudah mulai dilaksanakan secara nasional sejak 1 Januari 2024 lalu mampu menekan konsumsi LPG subsidi

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) Kementerian ESDM, Tutuka Ariadji menuturkan, prognosa kuota volume LPG di tahun ini sebesar 8,03 juta MT atau zero growth dibandingkan realisasi di tahun lalu. Sebelumnya Pertamina memprediksi konsumsi elpiji 3 kg di sepanjang 2023 sebesar 8,02 juta MT. 

"Prognosa LPG Subsidi yang zero growth ini saya berpendapat bisa turun dengan adanya registrasi. Namun angka penurunannya bervariasi tergantung bagaimana nanti pelaksanaannya,” ujar Tutuka dalam konferensi pers 'Transformasi Subsidi LPG Tabung 3 Kg Tepat Sasaran'  dikutip, Jumat (5/1/2024).

Dia menambahkan, kebijakan ini diambil pemerintah karena penjualan LPG non-Public Service Obligation (PSO) semakin mengecil. Sebaliknya, konsumsi LPG subsidi semakin naik bahkan mencapai 8 juta ton. 

"Dan itu membuat kami semua untuk berpikir keras mengapa ini yang terjadi, karena ini akan mendorong apa yang disebut dengan oplosan di lapangan. Untuk itu kami mengupayakan untuk bisa terjadi semaksimal mungkin LPG PSO itu untuk masyarakat dengan itu konsekuensinya transformasi subsidi ke orang adalah salah satu keharusan," ucapnya.

Tutuka mengatakan, kebijakan ini pun sudah diupayakan bersama dengan Pertamina melakukan pilot project sejak tahun 2023 dan beberapa hari lalu dilakukan secara nasional.

"Bahwa kita punya landasan dari UU sampai putusan dirjen. Ini cukup untuk dari yang paling mendasar ada peraturan pemerintah, perpres, ada keputusan menteri, dan dirjen, melandasi pendistribusian ini," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan berharap, melalui transformasi penyaluran LPG Subsidi ini pihaknya dapat mendorong penurunan konsumsi LPG nonsubsidi di tahun ini. 

"Saya harap Pertamina bisa membantu pemerintah dalam mengurangi beban subsidi. Setidaknya kami bisa meningkatkan 6-10 persen dari total konsumsi (LPG nonsubsidi)," kata Riva.

Editor : Aditya Pratama

Follow Berita iNews di Google News

banner-litigasi
Kirimkan pertanyaanmu seputar hukum, Kami siap menjawab dan membantu permasalahanmu.
kirim
Bagikan Artikel:



KOMENTAR

Artikel Terkait

Simak 4 Golongan Masyarakat yang Boleh Beli Gas Elpiji 3 Kg Pakai KTP

Simak 4 Golongan Masyarakat yang Boleh Beli Gas Elpiji 3 Kg Pakai KTP

Baca Juga

Komentar