Pilihan

Presiden Jokowi Bertemu Pengusaha Brunei, Paparkan Potensi Investasi IKN - Beritasatu

 Presiden Jokowi Bertemu Pengusaha Brunei, Paparkan Potensi Investasi IKN

BeritaSatu.com

Brunei, Beritasatu.com - Dalam kunjungan kerjanya ke Brunei Darussalam, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan dengan sejumlah pengusaha. Dalam pertemuan tersebut, Presiden menyampaikan potensi investasi di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN).

ADVERTISEMENT

Menurut Presiden, pemerintah akan membangun IKN sebagai smart green city dengan 70 persen area hijau dan 80 persen transportasi publik yang berbasis energi hijau.

“Saya ingin bercerita mengenai Ibu Kota Nusantara. Ini adalah agenda strategis Indonesia dan bagian dari misi Indonesia Emas 2045 yang telah disetujui oleh parlemen, dibuat undang-undangnya yang disetujui 93 persen suara,” ujar Jokowi di hadapan konsorsium investor Brunei Darussalam di Assarraa Guest House, Bandar Seri Begawan, Sabtu (13/1/2024).

Penggunaan teknologi berbasis lingkungan tersebut, menurut Jokowi, merupakan salah satu upaya pemerintah untuk tetap menjaga hutan Kalimantan.

“Ini adalah komitmen untuk terus menjaga Pulau Kalimantan–Borneo sebagai paru-paru dunia yang memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat, juga menciptakan magnet ekonomi baru,” imbuhnya.

Lebih jauh, Presiden Jokowi menyampaikan progres pembangunan inti yang telah mencapai 70 persen dan ditargetkan selesai pada pertengahan 2024.

Ia juga membeberkan bahwa saat ini sudah banyak investasi yang masuk dan memulai pembangunan infrastruktur yang ditandai dengan peletakan batu pertama atau groundbreaking.

“Ada 13 yang telah groundbreaking, baik berupa rumah sakit, ada tiga rumah sakit, ada lima hotel, dan ada ada mal, ada training center untuk sepak bola, juga ada transportasi hijau, dan juga termasuk Nusantara Superblock di kawasan terintegrasi dengan hotel bintang lima, tempat hiburan, dan pusat perbelanjaan,” jelasnya.

Presiden berharap para pengusaha asal Brunei Darussalam dapat merealisasikan minatnya untuk berinvestasi di IKN.

Jokowi menyebut bahwa pemerintah telah menyiapkan sejumlah insentif bagi para investor di IKN baik berupa super tax deduction, tax holiday, hingga pembebasan bea masuk. “Saya berharap minat investasi dari Your Highness dapat segera direalisasikan. Terima kasih,” pungkasnya.

Setelah pertemuan, dilakukan penyerahan letter of interest oleh konsorsium investor, yang dilakukan oleh Putri Amal Rakiah kepada Kepala OIKN, Bambang Susantono.

Dalam pertemuan tersebut, turut mendampingi Presiden Jokowi, antara lain Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Anggota Wantimpres Gandi Sulistiyanto, Duta Besar Indonesia untuk Brunei Darussalam Achmad Ubaedillah, dan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono.

Presiden Jokowi Bertemu Pengusaha Brunei

Potensi Investasi IKN

Jokowi Paparkan Potensi Investasi IKN

Kunjungan Jokowi

Kunjungan Jokowi ke Brunei

Simak berita dan artikel lainnya di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Beritasatu.com via whatsapp

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek