Pilihan

#NewsFlash: Prediksi Euro: Spanyol vs Jerman 5 Juli 2024 - Bola.net - Google Berita

Puluhan Warga Ciomas Bogor Diduga Keracunan usai Santap Ikan Tongkol, 1 Orang Dirawat - Beritasatu

Puluhan Warga Ciomas Bogor Diduga Keracunan usai Santap Ikan Tongkol, 1 Orang Dirawat
Putra Ramadhani Astyawan

Puluhan Warga Ciomas Bogor Diduga Keracunan usai Santap Ikan Tongkol, 1 Orang Dirawat Puluhan warga Ciomas, Bogor, diduga keracunan usai menyantap hidangan ikan tongkol. Satu orang dirawat. (Foto: Satpol PP Kecamatan Ciomas)

BOGOR, iNews.id - Puluhan warga di Desa Pagelaran, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor diduga keracunan. Mereka mengeluh mual usai menyantap hidangan ikan tongkol.

Kasie Trantib Satpol PP Kecamatan Ciomas Marimbun Tua Gultom mengatakan peristiwa itu terjadi pada Jumat (12/1/2024) sekitar pukul 13.00 WIB. Berawal ketika warga menggelar makan bersama secara prasmanan.

Baca Juga

Heboh Ratusan Warga Leuwisadeng Bogor Diduga Keracunan Makanan, Mual hingga Muntah-muntah

"Mereka punya program makan bersama hari Jumat dan yang memasak anggota DKM setiap hari Jumat, kebetulan hari ini menunya tongkol basah oleh yang masak dipesmol ceritanya begitu," kata Gultom kepada wartawan, Jumat (12/1/2024).

Setelah makan, sekitar 20 orang mengalami gejala mual dan panas. Mereka langsung dibawa ke puskesmas untuk mendapatkan perawatan.

Baca Juga

Puluhan Warga di Kabupaten Bogor Keracunan usai Menyantap Berkat Tahlilan

"Setelah dilakukan perawatan di puskesmas 16 orang udah boleh pulang ke rumah karena sudah dinyatakan normal, yang 4 orang lagi dirujuk ke RS Ummi sama RSUD Kota Bogor 3 orang," kata dia.

Terpisah, Kapolsek Ciomas Kompol Iwan Wahyudi membenarkan kejadian tersebut. Para korban diduga keracunan olahan ikan tongkol.

Baca Juga

Puluhan Warga di Kebumen Keracunan Massal usai Makan Siomai saat Arisan RT

"Kalau penyebab pasti kita belum bisa, karena nanti ahlinya. Dugaan sementara karena ikan tongkol, sampel makanan sudah dibawa oleh Puskesmas untuk dilakukan uji laboratorium," ucap Iwan.

Untuk saat ini, 19 warga yang diduga mengalami keracunan itu sudah pulang ke rumah. Tersisa satu orang yang dirawat di RSUD Kota Bogor.

Baca Juga

4 Orang Sekeluarga di Cilacap Keracunan usai Makan Olahan Jamur Merang

Polisi tengah mengumpulkan keterangan saksi-saksi termasuk yang memasak olahan ikan tongkol tersebut.

"Tidak semua yang makan (diduga) keracunan. Yang buat makanan itu lagi kami mintai keterangan, dia sudah tiga tahun masak tetapi baru kali ini seperti ini. Untuk warga tinggal 1 orang di RSUD Kota Bogor, yang lainnya sudah pulang ke rumah," kata Iwan.

Baca Juga

Update Kasus Keracunan di Purwakarta, Polisi Periksa Juru Masak dan Pengurus Masjid

Editor : Rizky Agustian

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek