Pilihan

Soal Houthi Tak Digubris Dewan Keamanan PBB Resmi Sahkan Resolusi Amerika Serikat - Jawa Pos

 Soal Houthi Tak Digubris Dewan Keamanan PBB Resmi Sahkan Resolusi Amerika Serikat - Jawa Pos

Firmanda Dwi Septiawan

JawaPos.com–Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa meloloskan resolusi yang digagas Amerika Serikat soal serangan milisi Houthi di Yaman di Laut Merah pada Rabu (10/1).

Resolusi itu berisi desakan agar Houthi segera menghentikan semua serangan di Laut Merah yang menargetkan kapal komersial terutama yang terkait dengan Israel. Serangan Houthi itu sebagai upaya Houthi membela Palestina yang tengah menghadapi agresi brutal Israel di Jalur Gaza.

”Serangan yang menghambat perdagangan global dan melemahkan hak dan kebebasan navigasi serta perdamaian dan keamanan regional,” Demikian pernyataan yang dilansir dari UN News pada Kamis (11/1).

Baca Juga: Klaim Tunjangan Pengangguran AS Susut ke Level Terendah dalam 3 Bulan Meskipun Pasar Tenaga Kerja Masih Kuat

Namun dua anggota tetap Dewan Keamanan PBB yakni Rusia dan Tiongkok memilih abstain bersama dengan anggota non permanen seperti Mozambik dan Aljazair. Keempat negara tersebut menyampaikan kekhawatiran perang Israel vs Hamas akan meluas dan memicu potensi serangan militer negara Barat terhadap sasaran Houthi di Yaman.

PBB juga memiliki kekhawatiran yang sama. Juru bicara Sekjen PBB mengaku khawatir jika ada serangan Barat maka bisa berdampak sangat buruk bagi Yaman yang saat ini masih terpuruk akibat perang yang masih berlangsung.

Houthi belakangan ini menjadi sorotan usai menyerang kapal-kapal di Laut Merah sejak pasukan zionis melancarkan agresi ke Palestina. Sebelum agresi Israel ke Palestina, Houthi kerap meluncurkan drone di Laut Merah. Setelah agresi mereka mengklaim turut membantu Palestina dengan menggempur kapal yang berafiliasi dengan Israel dan menyerang ke arah negara Zionis itu.

Baca Juga: Google Kembali Rumahkan Karyawannya, Tambah Daftar Perusahaan Teknologi yang Lakukan PHK Diawal 2024

Serangan yang intensif dari Houthi membuat perusahaan pelayaran mengubah rute yang lebih jauh sehingga biaya membengkak. Tindakan Houthi membuat cemas sekutu Israel, Amerika Serikat. Mereka sampai-sampai membentuk koalisi untuk berjaga-jaga di Laut Merah mencegah serangan kelompok itu.

Sejumlah pihak telah mewanti-wanti eskalasi konflik Israel-Palestina meluas usai banyak pihak terlibat. Israel melancarkan agresi sejak 7 Oktober. Selama operasi mereka menyerang warga dan objek sipil seperti rumah sakit dan kamp pengungsian. Imbas serangan Israel lebih dari 23.000 jiwa di Palestina meninggal.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek