Sudah Minum Obat tapi Gigi Tetap Sakit? Bisa Jadi Ini Penyebabnya! - detik

 

Sudah Minum Obat tapi Gigi Tetap Sakit? Bisa Jadi Ini Penyebabnya!

Sponsored - detikHealth
Selasa, 21 Nov 2023 13:18 WIB
adv rsgm
Foto: Perawatan gigi berlubang di RSGM YARSI (dok. RSGM YARSI)
Jakarta -

Gigi berlubang dan sakit berdenyut sampai mengganggu tidur malam? Adakah tindakan yang dapat dilakukan di rumah? Untuk meredakan sakit gigi, Anda dapat meminum obat pereda nyeri.

Obat-obatan yang dapat dikonsumsi contohnya adalah paracetamol, asam mefenamat atau ibuprofen. Obat antibiotik dapat digunakan jika terjadi infeksi yang berlanjut seperti adanya abses atau bengkak pada gusi.

Terkadang setelah mengonsumsi obat pereda nyeri, rasa sakit masih terasa mengganggu. Apa yang menyebabkan rasa sakit gigi tersebut belum juga mereda?

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Obat-obatan yang dikonsumsi pada saat sakit gigi berfungsi untuk meredakan nyeri sementara, tetapi sumber infeksi dari gigi berlubang juga harus dihilangkan. Rasa sakit pada gigi berlubang biasanya berasal dari infeksi yang sudah mencapai saraf gigi. Proses menghilangkan infeksi pada gigi tersebut disebut perawatan saluran akar gigi.

"Perawatan saluran akar gigi dilakukan jika gigi berlubang sudah mencapai pulpa yang berisi saraf dan pembuluh darah. Tindakan ini bertujuan untuk menghilangkan infeksi yang menjadi penyebab rasa sakit tak tertahankan. Penambalan gigi baru dapat dilakukan setelah infeksi pada saluran akar tersebut dihilangkan," ujar Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi Rumah Sakit Gigi dan Mulut YARSI - RSGM YARSI, drg. Rika Nuraisyah, Sp.KG dalam keterangan tertulis, Selasa (21/11/2023).

adv rsgm

Foto: Perawatan gigi berlubang di RSGM YARSI (dok. RSGM YARSI)

"Biasanya pasien dengan gigi berlubang yang sudah mengenai pulpa mengeluhkan rasa sakit yang sangat mengganggu. Sering sekali pasien dengan ambang rasa sakit yang rendah, membutuhkan perawatan painless dental care agar mengurangi rasa sakit dan memberikan rasa nyaman saat perawatan gigi," tambahnya.

Pada saat dilakukan perawatan saluran akar, dibutuhkan layanan penunjang lain untuk mendukung keberhasilan perawatan, seperti foto rontgen gigi dan pembuatan mahkota gigi. Semua layanan ini juga ada di RSGM YARSI, sebagai one stop dental service bagi pasien dengan gigi berlubang.

Rumah Sakit Gigi & Mulut YARSI - RSGM YARSI

Jl. Letjen Suprapto Kav. 13 Cempaka Putih - Jakarta Pusat

Telf & WA: 08111687264

Instagram & TikTok: @rsgmyarsi

(Content Promotion/RSGM YARSI)

Baca Juga

Komentar