Survei ICRC Terbaru: Elektabilitas Ganjar Pepet Prabowo, AMIN Paling Buncit - detik

 

Survei ICRC Terbaru: Elektabilitas Ganjar Pepet Prabowo, AMIN Paling Buncit

By Tim detikNews
detik.com
January 2, 2024
Ilustrasi tiga pasang capres-cawapres pada Pilpres 2024.
Ilustrasi tiga pasang capres-cawapres pada Pilpres 2024.
Bali -

Elektabilitas Ganjar Pranowo-Mahfud Md mulai memepet pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh lembaga Ide Cipta Research and Consulting (ICRC) periode Desember 2023, Ganjar-Mahfud berada di urutan kedua dengan capaian 29,1 persen.

Adapun, elektabilitas Prabowo-Gibran berada di urutan pertama dengan perolehan 39,4 persen. Sementara itu, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) berada di urutan paling buncit dengan perolehan 25,6 persen.

Dilansir dari detikNews, sebanyak 4,4 persen responden ICRC menyatakan belum menentukan pilihan. Ada pula yang menjawab rahasia sebanyak 1,0 persen dan tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 0,5 persen dengan total 5,9 persen.

Metode penarikan sampel yang digunakan dalam survei tersebut adalah Stratified Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan pada 20-26 Desember 2023 dengan wawancara via telepon oleh pewawancara terlatih.

Survei ICRC menyasar Warga Negara Indonesia (WNI) yang sudah mempunyai hak pilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Jumlah sampel pada survei ini sebanyak 1.230 orang dengan margin of error 2,79 persen dan memiliki tingkat kepercayaan 95 persen.

Direktur Eksekutif ICRC Hadi Suprapto Rusli mengatakan Ganjar-Mahfud harus memperbesar perolehan suara di Jawa Barat. Menurutnya, capres-cawapres nomor urut 3 itu juga harus mampu mempertahankan raihan suara di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang berada di angka 55,9 persen.

"Jika nanti Ganjar mampu melaksanakan segala potensinya di Jawa Barat, saya kira akan memberikan dampak untuk masuk ke putaran kedua," ujar Hadi Suprapto, Selasa (2/1/2024).

Berkaca dari hasil survei tersebut, Hadi menilai Pilpres 2024 berpotensi dilakukan dalam dua putaran. "Jika dilihat dari data survei ICRC terbaru ini, maka Pilpres 2024 masih diprediksikan akan terjadi dua putaran," ucap Hadi.

Artikel ini telah tayang di detikNews. Baca selengkapnya di sini!


Simak Video "Ganjar-Mahfud Optimistis Elektabilitasnya Terus Bergerak Naik"
[Gambas:Video 20detik]

(iws/gsp)

Baca Juga

Komentar