Pilihan

Bawaslu Sulsel Putuskan KPU Bulukumba & Bone Tak Gelembungkan Suara - CNN Indonesia

 

Bawaslu Sulsel Putuskan KPU Bulukumba & Bone Tak Gelembungkan Suara

Jumat, 29 Mar 2024 23:27 WIB

Bawaslu Sulawesi Selatan memutuskan KPU Bulukumba dan Bone tidak terbukti melakukan penggelembungan suara pada Pemilu 2024. (iStock/Pattanaphong Khuankaew)

Makassar, CNN Indonesia 

--

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Selatan memutuskan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulukumba dan Bone tidak terbukti melakukan penggelembungan suara pada Pemilu 2024.

"Menyatakan terlapor tidak terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan perbuatan melanggar tata cara, prosedur, atau mekanisme pada tahapan pemilu sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," kata Ketua Bawaslu Sulsel, Mardiana Rusli dalam persidangan, Kamis (28/3).

Sidang tersebut dilakukan berdasarkan pengaduan terkait dugaan kesalahan prosedur dalam pembetulan di tingkat rekapitulasi suara tingkat Kabupaten Bulukumba dan Bone.

Bawaslu Sulsel menyimpulkan bahwa pelapor tidak mampu menunjukkan atau menjelaskan bagaimana dan seperti apa penggelembungan suara pada pelaksanaan Rapat Pleno Rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dan penetapan hasil pemilihan umum ditingkat Kabupaten.

"Pelapor hanya mengemukakan hal-hal yang berkaitan dengan selisih dengan menyandingkan data rekap C hasil tidak disertai dengan penjelasan," ungkapnya.

Majelis pemeriksa telah memeriksa dan mempertimbangkan seluruh alat bukti dalam fakta persidangan.

"Terhadap fakta yang tidak relevan dikesampingkan untuk dipertimbangkan menurut hukum," ujarnya.

Diketahui Golkar Sulsel melaporkan dugaan kecurangan penggelembungan suara PKB pada Pileg 2024 oleh KPU Bone dan Bulukumba. Golkar menduga kecurangan terjadi di 1.410 TPS dari dua kabupaten tersebut.

(mir/bmw)

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek