Pilihan

Perajin Kaligrafi Tembaga di Boyolali Kebanjiran Pesanan Saat Ramadan - BeritaSatu

 

Perajin Kaligrafi Tembaga di Boyolali Kebanjiran Pesanan Saat Ramadan

Rabu, 27 Maret 2024 | 19:56 WIB
Joko Laksono / NF

Perajin kaligrafi berbahan tembaga di Boyolali. (Beritasatu.com/Joko Laksono)

Boyolali, Beritasatu.com - Bulan suci Ramadan membawa berkah tersendiri bagi para perajin tembaga dan kuningan di Desa Tumpang, Kecamatan Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah.

Salah satu penjual sekaligus perajin kaligrafi, Mimik Sriningsih mengatakan, permintaan produk kerajinan kaligrafi berbahan tembaga pada Ramadan tahun ini meningkat.

“Alhamdulilah, menjelang dan masuk Ramadan ini kerajinan kaligrafi meningkat. Peningkatan ini bisa 60 persen. Kalau hari-hari biasa ya di bawah 60 persen, tetapi penjualannya banyak saat Ramadan,” katanya kepada Beritasatu.com, Rabu (27/3/2024).

Ia menambahkan, permintaan sudah dirasakan sejak satu bulan sebelum Ramadan, karena banyak masyarakat yang mengirimkan kerajinan kaligrafi sebagai hampers kepada keluarga maupun kerabatnya.

“Selain itu, banyak pesanan dari sejumlah instansi dari Kabupaten Boyolali dan Kota Solo sebagai hiasan kantor untuk menyemarakkan Ramadan tahun ini. Kami juga dapat pesanan dari Karanganyar serta Mojokerto, Jawa Timur,” jelas Mamik.

Kaligrafi yang cukup banyak dipesan, yakni yang bertuliskan ayat kursi, Allah dan Muhammad, pintu Ka'bah dan asmaulhusna.

Mamik menyebut, kaligrafi berbahan tembaga semakin diminati oleh pelanggan, karena selain dikerjakan secara manual menggunakan tangan manusia juga dinilai lebih awet tidak mudah karatan.

"Bahan tembaga dinilai lebih artistik dengan kesan etnik terasa kental,” kata dia.

Sedangkan harga dari produk kerajinan kaligrafi berbahan tembaga tersebut mulai dari Rp 700.000 hingga Rp 8 juta. tergantung ukuran dan kerumitan kaligrafi.

“Kalau harganya bervariasi. Kalau permintaan kaligrafi berbahan tembaga saya prediksi masih terus mengalami peningkatan, sampai beberapa hari menjelang Lebaran,” pungkasnya.

Simak berita dan artikel lainnya di
Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Beritasatu.com via whatsapp

Bagikan

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek