Pilihan

8 Tips Mengembalikan Mood Bekerja Setelah Pulang Mudik Lebaran - BeritaSatu

 

8 Tips Mengembalikan Mood Bekerja Setelah Pulang Mudik Lebaran

Jakarta, Beritasatu.com - Bulan Ramadan dan libur Idulfitri merupakan momen penuh kebersamaan dan kegembiraan bersama keluarga dan kerabat. Namun kini momen tersebut telah berlalu. Sudah saatnya kembali ke rutinitas dan kesibukan sehari-hari, termasuk kembali bekerja.

ADVERTISEMENT

Tak jarang rasa malas dan bosan melanda setelah menikmati waktu libur yang panjang. Kembali beradaptasi dengan rutinitas kerja terkadang terasa sulit dan membangkitkan mood bekerja menjadi tantangan tersendiri.

Berikut 8 tips untuk membantu kembali fokus dan bersemangat dalam bekerja setelah pulang mudik:

1. Atur kembali jam tidur dan pola makan
Liburan biasanya membuat pola tidur dan pola makan menjadi tidak teratur. Hal ini dapat memengaruhi energi dan fokus Anda. Oleh karena itu,  tidurlah cukup 7-8 jam setiap malam dan konsumsi makanan bergizi seimbang untuk mengembalikan stamina dan fokus Anda.

2. Buat daftar prioritas dan target
Saat kembali bekerja, Anda mungkin merasa memiliki banyak tugas dan tanggung jawab. Untuk mengatasi hal ini, buatlah daftar prioritas dan target yang jelas. Prioritaskan tugas-tugas penting dan buatlah target yang realistis untuk menyelesaikannya. 

3. Berkomunikasi dengan tim dan atasan
Komunikasi yang baik dengan tim dan atasan dapat membantu Anda untuk kembali beradaptasi dengan pekerjaan. Berbincanglah dengan mereka tentang tugas-tugas yang perlu Anda selesaikan dan mintalah arahan jika diperlukan.

4. Lakukan aktivitas favorit
Di sela kesibukan bekerja, luangkan waktu untuk melakukan aktivitas yang Anda sukai. Hal ini dapat membantu untuk melepas penat dan meningkatkan mood Anda.

5. Berpikir positif dan bersyukur
Ingatlah bahwa Anda telah beristirahat dan bersenang-senang selama liburan. Kembali bekerja bukan berarti kembali ke rutinitas yang membosankan. Bersyukur masih bisa menikmati liburan yang indah.

6. Atur ulang ruang kerja
Menata ulang ruang kerja Anda dapat membantu Anda untuk merasa lebih termotivasi dan fokus. Ciptakan suasana kerja baru yang nyaman dan inspiratif.

7. Lakukan self-reward 
Memberikan reward untuk diri sendiri atas pencapaian Anda dalam bekerja dapat membantu Anda untuk tetap termotivasi setelah kembali libur Lebaran.

8. Hindari multitasking
Multitasking memang terlihat efisien, tetapi pada kenyataannya dapat menurunkan fokus dan produktivitas Anda. Fokuslah pada satu tugas pada satu waktu dan selesaikan dengan baik.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Beritasatu.com via whatsapp

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek