Pilihan

Bagaimana Perang Iran dan israel Mengubah Geopolitik Timur Tengah? | Sindonews

 

Bagaimana Perang Iran dan israel Mengubah Geopolitik Timur Tengah? | Halaman Lengkap

Perang Iran dan Israel mengubah geopolitik Timur Tengah. Foto/AP

TEHERAN 

-

Israel 

dan Iran kini telah mendorong Timur Tengah ke era baru yang berbahaya dengan menghapus tabu terhadap serangan militer terang-terangan di wilayah satu sama lain.

Pertanyaannya sekarang adalah apakah kewajiban masing-masing pihak untuk menunjukkan pencegahan dan menyelamatkan muka telah dipenuhi – atau apakah musuh ditakdirkan untuk memasuki siklus eskalasi baru yang dapat menjadikan krisis ini semakin berbahaya.

Keputusan segera ada di tangan Iran setelah Israel melakukan serangan di dekat kota Isfahan pada Jumat pagi. Sistem anti-rudal Israel beroperasi pada 14 April setelah Iran meluncurkan drone dan rudal ke arah Israel.

Laporan awal menunjukkan bahwa tindakan tersebut terbatas dan, menurut para pejabat AS, tidak menargetkan situs nuklir Iran di wilayah tersebut. Sebaliknya, hal ini mungkin dimaksudkan untuk menunjukkan kemampuan Israel untuk melakukan penetrasi jauh ke dalam wilayah Iran menyusul serangan rudal dan drone Iran yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel akhir pekan lalu, yang sebagian besar berhasil digagalkan.


1. Perang Langsung dengan Iran, Bukan dengan Proksi

Bagaimana Perang Iran dan israel Mengubah Geopolitik Timur Tengah?

Foto/AP

Namun, fakta bahwa Israel memilih target di dalam negeri Iran dibandingkan membatasi responnya pada proksi Iran di Suriah atau Irak, misalnya, secara signifikan meningkatkan potensi konfrontasi dan meningkatkan kemungkinan bahwa konfrontasi tersebut dapat dengan cepat menjadi tidak terkendali.

Melansir CNN, tindakan Israel akhir pekan lalu yang sebagian besar berhasil dihalau oleh sistem pertahanan Israel, AS, dan sekutunya menyusul serangan Israel terhadap gedung konsulat Iran di Damaskus, Suriah, yang menewaskan dua perwira senior Korps Garda Revolusi Islam.

Dengan krisis yang terjadi saat ini, serangan-serangan Israel tampaknya berusaha menunjukkan bahwa mereka dapat menghindari pertahanan Iran sesuka hati – dan di sekitar fasilitas nuklir Iran – namun tidak menciptakan situasi yang mengharuskan Iran untuk merespons dengan serangan-serangan nuklir. eskalasi lain yang dapat mendorong pihak-pihak yang bertikai menuju perang habis-habisan.

Risiko dalam upaya untuk menavigasi jalur sempit ini adalah bahwa kawasan ini sudah sangat gelisah setelah enam bulan perang Israel melawan Hamas di Gaza dan ketegangan politik yang begitu akut di kedua negara sehingga sulit bagi masing-masing pihak untuk secara akurat menilai bagaimana keadaan pihak lain. mungkin bereaksi.

Beberapa jam sebelum serangan Israel, misalnya, Iran telah memperingatkan bahwa setiap serangan Israel akan dibalas dengan respons yang kuat. Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian mengatakan kepada CNN bahwa tindakan tersebut akan dilakukan “segera dan pada tingkat maksimum.”

Namun, indikasi awal muncul pada hari Jumat bahwa Iran siap untuk mengakhiri fase eskalasi ini tanpa mengambil tindakan konfrontatif lagi dan bahwa Israel – meskipun menolak seruan internasional untuk menahan diri – mungkin masih menerima kekhawatiran AS dan Barat mengenai kemungkinan terjadinya eskalasi. memicu perang regional yang besar.

Media resmi Iran dan pejabat pemerintah meremehkan serangan pada hari Jumat. Dan sumber intelijen regional yang mengetahui potensi reaksi Iran terhadap serangan hari Jumat mengatakan bahwa serangan langsung antar negara antara kedua musuh tersebut telah “berakhir.” Sumber tersebut, yang tidak berwenang untuk berbicara secara terbuka, mengatakan kepada CNN bahwa, sepengetahuannya, Iran diperkirakan tidak akan menanggapi serangan tersebut – namun tidak memberikan alasannya.

Jika peristiwa-peristiwa berikutnya dapat membuktikan hal ini, Israel mungkin berhasil memenuhi pepatah strategis yang ditetapkan oleh Presiden John Kennedy pada tahun 1963 ketika ia merenungkan krisis rudal Kuba tahun sebelumnya ketika ia mengatakan bahwa kenegarawanan harus bertujuan untuk “mencegah konfrontasi yang mendatangkan musuh.” pada pilihan mundur yang memalukan atau perang nuklir.” Bahayanya bukanlah perang nuklir dalam kasus ini, namun peningkatan konflik konvensional yang besar yang dapat menghancurkan seluruh wilayah dan membunuh banyak warga Iran, Israel, dan orang-orang di negara-negara tetangga. Saat ini, baik Iran maupun Israel tidak dipaksa untuk melakukan tindakan yang memalukan – dan hal ini mungkin menjadi kunci untuk mengatasi situasi ini.

Baca Juga

6 Kesalahan Kalkulasi Perang Iran dan Israel


2. PM Netanyahu Kembali Menentang Biden

Bagaimana Perang Iran dan israel Mengubah Geopolitik Timur Tengah?

Foto/AP

Serangan Israel terhadap Iran juga merupakan penolakan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu terhadap nasihat Presiden Joe Biden yang menganggap keberhasilan intersepsi terhadap hampir semua drone dan rudal yang diarahkan ke Israel sebagai sebuah kemenangan. Presiden berargumen bahwa operasi pertahanan besar-besaran tersebut membuktikan Iran tidak dapat menimbulkan ancaman terhadap keamanan Israel dan tidak diperlukan pembalasan lebih lanjut.

Meskipun tampaknya ada upaya Israel untuk mempertimbangkan kekhawatiran AS dan Barat mengenai perang yang lebih luas, Netanyahu telah berulang kali mengabaikan permohonan Biden – termasuk keluhan AS selama berbulan-bulan mengenai tindakan Israel dalam perang di Gaza dan jumlah korban jiwa warga sipil Palestina setelahnya. serangan teror Hamas 7 Oktober. Presiden, meskipun semakin frustrasi terhadap Netanyahu, yang belum bersedia menetapkan garis merah bagi perdana menteri Israel atau mengkondisikan penggunaan pengiriman senjata AS di Gaza.

Namun Biden juga menentang kenyataan bahwa Israel adalah negara berdaulat, dan meskipun sangat bergantung pada Amerika Serikat, ia tidak akan membiarkan serangan udara massal yang ditujukan ke wilayah Israel tidak terbalas. Sebagai buntut dari perkembangan terakhir ini, Washington berkonsentrasi pada upaya baru untuk menghentikan peningkatan ketegangan lebih lanjut sambil menjauhkan diri dari tindakan Israel.

“Apa yang menjadi fokus kami, apa yang menjadi fokus G7, dan sekali lagi, hal ini tercermin dalam pernyataan dan percakapan kami, adalah upaya kami untuk meredakan ketegangan,” kata Menteri Luar Negeri Antony Blinken pada konferensi para menteri luar negeri dari negara-negara industri di Italia.

Gedung Putih telah menegaskan dalam beberapa hari terakhir bahwa mereka tidak akan ikut serta dalam tindakan ofensif Israel terhadap Iran. Namun pasukan militer AS hampir pasti akan dipanggil untuk membela Israel lagi jika terjadi pembalasan besar-besaran dari Iran. Dengan demikian, Biden dapat terseret lebih dalam ke dalam konflik militer di wilayah tersebut yang telah berulang kali ia coba namun gagal hentikan.

Konsekuensi politiknya akan sangat buruk bagi presiden pada bulan November karena calon dari Partai Republik, Donald Trump, memperingatkan bahwa dunia sedang berada di luar kendali. Biden telah membayar mahal di kalangan pemilih progresif, muda, dan Arab-Amerika atas dukungannya terhadap Israel, yang dapat berdampak serius pada kinerjanya di negara-negara bagian yang belum menentukan pilihannya dalam pemilihan presiden. Dan lonjakan harga minyak apa pun yang disebabkan oleh ketidakpastian di Timur Tengah menjelang pemilu dapat menaikkan harga bensin dan menimbulkan dampak politik yang merugikan bagi presiden.


3. Israel Berperang dalam 3 Front

Bagaimana Perang Iran dan israel Mengubah Geopolitik Timur Tengah?

Foto/AP

Israel, dengan segala kekuatan militernya, berada dalam posisi yang sangat rentan. Kini mereka secara efektif berperang di tiga front – melawan Hamas di Gaza; wakil Iran lainnya, Hizbullah, dalam konflik yang memanas di perbatasan Lebanon; dan secara langsung terhadap Iran sendiri.

Ancaman dari Hizbullah sangat akut karena kelompok radikal tersebut memiliki puluhan ribu rudal yang dapat menyebabkan pembantaian di kota-kota Israel jauh lebih besar dibandingkan ancaman yang ditimbulkan oleh roket Hamas pada awal perang Gaza. Masuknya Hizbullah secara penuh ke dalam konflik untuk mendukung Iran pasti akan memicu tanggapan besar-besaran Israel. Hal ini akan membawa kembali perang ke Lebanon, sebuah negara yang sudah dikutuk oleh sejarah modern yang menyedihkan dan rumah bagi milisi yang didukung Iran.

Peristiwa yang terjadi beberapa hari terakhir menunjukkan bahwa meskipun kawasan ini tidak segera memicu perang skala besar, asumsi sebelumnya bahwa Iran tidak akan pernah menyerang Israel secara terbuka dan Israel tidak akan menyerang wilayah Iran telah hancur.


4. Iran dan Israel Bersaing secara Kompetitif

Bagaimana Perang Iran dan israel Mengubah Geopolitik Timur Tengah?

Foto/AP

“Bahkan jika Anda melewati fase ini tanpa pembalasan besar dari Iran, kenyataannya adalah Israel dan Iran akan terjebak dalam persaingan yang kompetitif ini,” kata Aaron David Miller, seorang veteran perunding perdamaian Timur Tengah untuk presiden dari Partai Republik dan Demokrat, kepada CNN.

“Tidak ada solusi terhadap masalah proksi Iran. Tidak ada solusi terhadap fakta bahwa Iran adalah negara yang memiliki ambang batas senjata nuklir. Dan hubungan ini akan mempengaruhi kawasan ini dan mungkin komunitas internasional seperti pedang Damocles.”

Israel menghadapi tekanan kuat untuk menunjukkan pengendalian diri tidak hanya dari Amerika Serikat tetapi juga dari negara-negara Eropa dan Arab, yang beberapa di antaranya bergabung dengan operasi Amerika dan Israel untuk menembak jatuh drone dan rudal Iran akhir pekan lalu.

Meskipun dukungan AS terhadap Israel sudah terjamin, reaksi negara-negara lain akan sangat penting saat ini karena Netanyahu memutuskan untuk mengabaikan saran dari para pembela Israel. Salah satu argumen agar Israel tidak melakukan pembalasan terhadap Iran adalah bahwa Israel dapat mengambil manfaat dari gelombang simpati dan dukungan dan mulai memperbaiki hubungan dengan sekutu yang sangat mengkritik tindakan Israel dalam perang di Gaza. Kesempatan itu mungkin sudah terbuang sia-sia.

Namun, Israel menganggap dirinya terkunci dalam pertarungan eksistensial dengan Iran, yang sampai saat ini terjadi dalam bentuk serangan rahasia dan siber terhadap program nuklir, ilmuwan, serta infrastruktur militer dan intelijennya. Sejarah menunjukkan bahwa ketika para pemimpin Israel merasa kelangsungan hidup negara mereka terancam, mereka sering bertindak secara sepihak bahkan ketika Amerika Serikat menyarankan untuk menahan diri. Doktrin seperti itu menyebabkan serangan Israel sebelumnya terhadap fasilitas nuklir di Irak dan Suriah.

Dengan menyerang balik Israel setelah serangan di Damaskus, Iran membuat pernyataan tersirat bahwa Israel tidak bisa lepas dari konsekuensi atas serangan semacam itu lagi dan bahwa serangan tersebut akan dibalas dengan tanggapan langsung.

Bagi kabinet perang Israel, yang selama berhari-hari mempertimbangkan tanggapannya terhadap serangan udara Iran, gagasan bahwa Iran menikmati keuntungan dalam permainan geopolitik mereka tidak dapat dipertahankan.


5. Siklus Kekacauan Jangka Panjang di Timur Tengah

Bagaimana Perang Iran dan israel Mengubah Geopolitik Timur Tengah?

Foto/Reuters

Malcolm Davis, analis senior di Australian Strategic Policy Institute, mengatakan kepada Michael Holmes dari CNN mengenai hal tersebut. Tindakan ini memang memicu siklus eskalasi jangka panjang yang diakibatkan oleh ketidakstabilan di kawasan. Namun kemampuan Israel untuk menghindari pertahanan udara Iran juga dapat membangun kembali keunggulan strategis Israel. “Saya pikir hal ini mengirimkan pesan kepada Teheran bahwa mereka sebenarnya lebih rentan terhadap serangan Israel daripada yang ingin mereka akui,” kata Davis.

Beberapa ahli khawatir bahwa realitas baru dari pertukaran langsung dengan Israel dapat mendorong Iran – yang diperkirakan oleh para ahli hanya tinggal beberapa minggu lagi untuk dapat memproduksi senjata nuklirnya sendiri – untuk segera melampaui ambang batas nuklir. Ini merupakan situasi yang tidak dapat diterima baik oleh Israel – atau mungkin Amerika Serikat – sehingga meningkatnya bahaya yang terjadi dalam beberapa hari terakhir mungkin hanyalah gambaran dari apa yang akan terjadi.

Lihat Juga: Monumen Sejarah Masuknya Islam di Sulsel Butuh Perhatian Pemerintah

(ahm)

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek