Bandara Soetta Paling Tersibuk di Asia Tenggara pada April 2024 - BeritaSatu

 

Bandara Soetta Paling Tersibuk di Asia Tenggara pada April 2024

Kamis, 18 April 2024 | 04:15 WIB
Antara / CAH

Suasana Bandara Soekarno-Hatta di area pengambilan bagasi yang menjadi konsentrasi pengelola. (Beritasatu.com/Wahroni)

Jakarta, Beritasatu.com - Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menjadi bandara tersibuk di Asia Tenggara pada April 2024 berdasarkan data dari OAG Aviation Worlwide Limited, sebuah lembaga intelijen perjalanan yang berbasis di London, Inggris.

PT Angkasa Pura II (AP II), selaku pengelola Bandara Soetta, mencatat bahwa kapasitas kursi penerbangan di bandara tersebut pada April 2024 mencapai 3,34 juta kursi, menjadi yang tertinggi dibandingkan dengan bandara-bandara lain di kawasan Asia Tenggara.

Vice President Corporate Communication AP II, Cin Asmoro mengatakan bahwa angkutan Lebaran 2024 yang berlangsung dari 3 hingga 18 April juga turut mendukung Bandara Soetta sebagai bandara tersibuk di Asia Tenggara.

"Periode angkutan Lebaran selama 16 hari ini telah mendorong Bandara Soekarno-Hatta menjadi bandara tersibuk di Asia Tenggara. Dengan kerja sama yang baik antara AP II, maskapai penerbangan, dan dukungan regulator, kami mampu memenuhi permintaan yang tinggi selama puncak angkutan Lebaran," ujar Cin dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (17/4/2024) dikutip dari Antara.

Sementara itu, Bandara Changi di Singapura dan Bandara Suvarnabhumi di Thailand menempati posisi kedua dan ketiga sebagai bandara tersibuk di Asia Tenggara pada April 2024 menurut data OAG.

Executive General Manager Bandara Soetta, Dwi Ananda, menjelaskan bahwa selama periode angkutan Lebaran 2024, dari H-7 hingga H+4 (3-15 April), jumlah pergerakan penumpang di Bandara Soetta mencapai 2,02 juta orang, meningkat 7% dibandingkan dengan periode yang sama di 2023 yang mencapai 1,88 juta orang.

Selama periode tersebut, maskapai juga telah mengoperasikan 994 penerbangan tambahan di Bandara Soetta.

"Kerja sama yang solid antara semua stakeholder telah menjaga operasional dan pelayanan tetap optimal di tengah lonjakan lalu lintas penerbangan. Bandara Soekarno-Hatta yang beroperasi 24 jam setiap hari, memastikan ketersediaan slot penerbangan bagi maskapai untuk melayani kebutuhan masyarakat selama angkutan Lebaran," tambah Dwi.

Adapun destinasi penerbangan tersibuk dari Bandara Soetta selama angkutan Lebaran 2024 adalah Denpasar dengan jumlah penumpang 336.610 orang, Medan 251.699 orang, Surabaya 197.731 orang, Makassar 170.596 orang, dan Padang 166.218 orang.

Dwi menekankan bahwa kesiapan infrastruktur dan fasilitas di sisi udara dan darat sangat penting untuk memastikan kelancaran penerbangan dan pelayanan kepada penumpang.

"Di tengah lonjakan lalu lintas penerbangan saat angkutan Lebaran, keandalan fasilitas dan infrastruktur menjadi hal yang krusial," katanya.

Bandara Soekarno-Hatta saat ini dilayani melalui tiga terminal penumpang, yaitu Terminal 1, Terminal 2, dan Terminal 3, yang semuanya terkoneksi dengan skytrain untuk memudahkan mobilitas penumpang.

Simak berita dan artikel lainnya di
Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Beritasatu.com via whatsapp

Bagikan

Baca Juga

Komentar