Pilihan

Beredar Hoaks Pesawat Jatuh di Perairan Nagekeo NTT, Warga Berkumpul di Pinggir Pantai - inews

 

Beredar Hoaks Pesawat Jatuh di Perairan Nagekeo NTT, Warga Berkumpul di Pinggir Pantai - Bagian all

JAKARTA, iNews.id - Beredar informasi hoaks pesawat jatuh pesisir NagekeoNTT, Senin (22/4/2024) pagi. Dalam foto yang beredar tampak sekumpulan warga berkumpul di pinggir pantai untuk melihat yang terjadi.

Terkait kabar tersebut, Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Agustinus Budi Hartono menegaskan informasi adanya pesawat jatuh di pesisir pantai Nagekeo, NTT adalah hoax. Laporan warga berupa foto yang tersebar di media sosial tersebut telah dikonfirmasi ke Basarnas Ende dan tidak ada kejadian tersebut.

Baca Juga

Kemenkominfo Tekankan Bahaya Hoaks sebagai Implikasi Nyata Penyalahgunaan Internet

"Hoaks informasinya. Awal berita pesawat jatuh itu informasinya datang dari teman-teman Basarnas saat perjalanan darat ke daerah Nagekeo NTT lalu dilaporkan ke Basarnas Bali dan kontak ke Basarnas wilayah Ende, hasilnya tidak ada berita terkait hal tersebut," ujar Budi, Senin (22/4/2024).

Menurutnya, awal informasi tersebut dilaporkan jajaran Airnav Indonesia divisi Manops ihwal adanya informasi pesawat jatuh. Setelah itu Airnav Indonesia berkoordinasi dengan Basarnas Ende guna mengonfirmasinya.

Baca Juga

33.000 Jiwa Mengungsi akibat Hoaks Tsunami usai Gempa Bawean Gresik

Budi pun menyampaikan berdasarkan penelusuran Basarnas Bali, tidak ada jam operasional penerbangan seperti informasi pesawat jatuh.

"Berdasarkan data Operasional Airnav di stasiun terkait, memang di jam tersebut tidak ada operasional. Tidak ada penerbangan, tidak ada traffic," katanya.

Baca Juga

Kemenkominfo Ajak Masyarakat Kota Palu Berperan Aktif untuk Kenali Hoaks dan Minsinformasi

Dia mengatakan informasi tersebut telah dikonfirmasi kembali ke jajaran Basarnas di Bali. Terungkap jika kabar pesawat jatuh adalah hoaks.

Baca Juga

Panglima TNI Tegaskan Isu 10 WNI Jadi Tentara Bayaran di Ukraina Hoaks

"Manops Airnav menelepon Basarnas Bali sepertinya beritanya hoaks dan telah clear pada jam tersebut tidak ada operasional," ucapnya.

Editor : Donald Karouw

Follow Berita iNewsMaluku di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek