Pilihan

Emak-emak Viral Maksa Minta Sedekah Diduga ODGJ, Dibawa ke RSMM Bogor - detik

 

Emak-emak Viral Maksa Minta Sedekah Diduga ODGJ, Dibawa ke RSMM Bogor

Bogor 

-

Sosok seorang perempuan paruh baya minta-minta secara paksa dan ngomel bila tak diberi sedekah viral di media sosial. Sejumlah video di beberapa lokasi merekam sosok emak-emak ini kerap cekcok dengan warga.

Ibu tersebut akhirnya diamankan oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bogor. Ibu tersebut dibawa ke Rumah Sakit Marzoeki Mahdi (RSMM) karena terindikasi terindikasi sebagai orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

"Jadi setelah kemarin dievakuasi itu, si ibu di sini kita bersihkan, kita mandikan, beri makan, kemudian kita asesmen. Nah, dari hasil asesmen itu, si ibu terindikasi orang dengan gangguan jiwa. Jadi tadi malam kita berangkatkan ke RSMM untuk diberikan layanan medis," kata Kabid Rehabilitasi Sosial Dinsos Kota Bogor Suhartini, Senin (28/4/2024).

Suhartini mengatakan emak-emak yang viral maksa minta sedekah ini akan diobati selama 18 hari. Setelah itu, petugas Dinsos akan kembali melakukan asesmen.

"Biasanya dua minggu sampai 18 hari, nanti biasanya dikembalikan kepada kami ke dinsos. Kemudian kami lanjutkan dengan reunifikasi dengan keluarga, artinya penanganan sampai tuntas," jelas Suhartini.

Suhartini mengatakan akan mencari tahu identitas ibu-ibu tersebut setelah kondisi kejiwaannya pulih. Suhartini pun memaparkan langkah-langkah mengidentifikasi ibu ini.

"Nanti setelah sembuh, kita asesmen ulang, kemudian kita cocokkan dengan data, kan nanti ada pelayanan biometrik ke disdukcapil, melalui iris mata bisa diketahui dia warga mana, itu pun kalau beliau pernah melakukan perekaman," papar dia.

Jika tidak ada pihak keluarga yang mengakui keberadaan emak-emak viral maksa minta sedekah itu, kata Suhartini, maka akan dibawa ke panti sosial milik pemerintah.

"Kalau tidak ada keluarga yang mengakui atau keluarganya sudah meninggal semua, karena kan bisa saja begitu, biasanya kita titipkan ke panti yang bekerja sama dengan pemerintah. Karena nanti kalau tidak begitu dia bisa kembali ke jalan," kata Suhartini.

Emak-emak viral maksa minta sedekah diamankan Dinsos Bogor. (Muchamad Sholihin/detikcom)

Diberitakan sebelumnya, emak-emak viral maksa minta sedekah yang sempat cekcok dan diusir warga diamankan Satpol PP dan Dinsos Kota Bogor. Wanita yang sempat viral di beberapa kota ini dibawa ke kantor Dinas Sosial (Dinsos) untuk dimintai lebih lanjut.

"Hari ini kami amankan dulu ibu ini, kita cari keterangan kenapa sih ibu itu sampai hidup di jalan. Tindakan selanjutnya yang pasti kita cari keterangan dulu lebih dalam dari yang bersangkutan, setelah itu kita bersama dinas sosial kita putuskan, kita lakukan tindakan ke depan seperti apa," kata Kasiops Satpol PP Kota Bogor Surya Dharma ditemui di lokasi, Minggu (28/4).

Surya menyebutkan wanita itu sempat viral di beberapa kota karena marah ketika tidak diberi uang. Wanita tersebut mengaku memiliki keluarga di Palembang dan sempat tinggal di Bandung, Jawa Barat.

"Ya ibu ini beberapa bulan lalu juga sempat viral di beberapa kota hampir di Jawa Barat ibu ini sempat viral. Sebelum ke Bogor itu, beliau dari Sukabumi. Dari Sukabumi ke Bogor, diongkosin dari pihak kelurahan di Sukabumi sampai ke Bogor," kata Surya.

Simak Video 'Satpol PP Bogor Amankan Wanita Viral yang Paksa Minta Sedekah':

(sol/aud)

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek