Pilihan

Gereja di Makassar Batal Undang Pendeta Gilbert: Videonya Meresahkan - CNN Indonesia

 

Gereja di Makassar Batal Undang Pendeta Gilbert: Videonya Meresahkan

Kamis, 18 Apr 2024 03:50 WIB

Undangan untuk Pendeta Gilbert ke Makassar dibatalkan organisasi gereja. (Tangkapan layar instagram @pastorgilbertl)

Jakarta, CNN Indonesia 

--

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulawesi Selatan (Sulsel) mengeluarkan surat edaran dan meminta kedatangan Pendeta Gilbert Lumoindong ke Makassar terkait acara Paskah dibatalkan. Surat edaran tersebut dikeluarkan perihal video viral pendeta Gilbert yang diduga melecehkan umat Islam.

"Mengharapkan perayaan Paskah berjalan dengan khidmat dengan menunda untuk menghadirkan Pendeta Gilbert ke Kota Makassar, hingga penyelesaian masalah video yang bersangkutan telah dianggap selesai," kata Ketua FKUB Sulsel, Wahyuddin Naro dalam surat edaran dengan nomor 11/FKUB-SS/IV/2024 tersebut, Rabu (17/4).

Berikut isi lengkap surat edaran yang sekaligus meminta agar kasus Pendeta Gilbert diusut tuntas: 

1. Mengimbau kepada seluruh umat beragama khususnya masyarakat Sulsel dan bangsa Indonesia secara umum untuk tetap menjaga toleransi dan kerukunan umat beragama agar tercipta masyarakat dan lingkungan yang harmonis.

2. Kepada semua tokoh agama dan semua penganut umat beragama agar menghargai keyakinan umat agama lain. Tidak menjadikan guyonan yang dapat menimbulkan ketersinggungan bagi penganut agama tertentu.

3. Permohonan kepada para majelis-majelis agama dalam menyampaikan dakwah, siraman rohani kepada umatnya agar memberi kesejukan dalam menjaga harmoni umat beragama agar damai dan kondusif.

4. Kepada pihak yang berwenang agar mengusut video yang viral, diduga kuat diperankan oleh Gilbert Lumoindong, termasuk mengusut pelaku yang mengedit video tersebut yang mungkin berbeda dengan keinginan Pdt Gilbert Lumoindong.

Sementara itu, Penyelenggara Kristen Kemenag Makassar, Merpati Tandililing mengatakan bahwa organisasi gereja batal mendatangkan Pendeta Gilbert Lumoindong di Makassar setelah videonya viral di media sosial.

"Kami infokan bahwa organisasi gereja di Makassar tidak jadi mendatangkan tokoh agama yang videonya meresahkan," kata Merpati.

Menurut Merpati, pihaknya telah memberikan pengarahan kepada organisasi gereja tersebut sehingga Pendeta Gilbert Lumoindong batal ke Makassar.

"Hari ini saya dikasi kesempatan untuk memberikan pengarahan dan saya sampaikan betapa pentingnya kita hidup saling menghargai satu sama lain. Kerukunan itu sesuatu yang harus kita usahakan bersama," pungkasnya.

(mir/DAL)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek