Pilihan

#NewsFlash: Prediksi Euro: Spanyol vs Jerman 5 Juli 2024 - Bola.net - Google Berita

H-5 Lebaran, Helikopter Basarnas Pantau Jalur Mudik - BeritaSatu

 

H-5 Lebaran, Helikopter Basarnas Pantau Jalur Mudik

Jumat, 5 April 2024 | 19:45 WIB
Albert Williancoen / DIN

Deputi Basarnas Laksda TNI R Eko Suyatno melaksanakan pantauan udara jalur transportasi mudik, serta meninjau langsung posko siaga SAR Khusus Lebaran 2024 di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat, 5 April 2024. (Beritasatu.com/Albert Williancoen)

Jakarta, Beritasatu.com – Deputi Bidang Operasi dan Kesiapsiagaan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Laksamana Muda (Laksda) TNI R Eko Suyatno melaksanakan pantauan udara jalur transportasi mudik, serta meninjau langsung posko siaga SAR Khusus Lebaran 2024 di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (5/5/2024).

Pantauan udara menggunakan helikopter dan terbang dari Lanud Atang Sendjaja (ATS) Bogor, Jawa Barat, sekitar pukul 07.00 WIB. Eko Suyatno melakukan pemantauan udara jalur transportasi darat dan penyeberangan di Pelabuhan Merak-Bakauheni.

"Ini pantauan udara pertama yang kami laksanakan untuk melihat situasi dan kondisi transportasi yang akan dilalui para pemudik. Basarnas telah membuat berbagai skema penyelamatan maupun evakuasi jika terjadi kondisi darurat, termasuk melaksanakan evakuasi medis udara jika diperlukan," ungkapnya.

Tiba di posko Merak, Eko Suyatno bertemu dan bergabung dengan sejumlah anggota Komisi V DPR yang juga melakukan peninjauan infrastruktur transportasi di posko terpadu Merak. Setelah itu, ia bersama para mitra kerja bergerak via jalur darat untuk melihat langsung kesiapsiagaan tim SAR di posko Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.

Sebelumnya, Basarnas telah menggelar Siaga SAR Khusus Lebaran 2024 mulai Kamis (3/4/2024) hingga Jumat (19/4/2024) dengan mengerahkan 2.657 personel dari Basarnas, 43 kantor SAR, 77 pos SAR, dan 83 unit siaga yang tersebar di seluruh tanah air.

Selain itu, Basarnas juga menyiagakan 5 unit helikopter dan 120 unit drone thermal, 81 kapal kelas I-IV dan 164 rubber boat inflatable (RIB) kelas I dan II, serta 622 rubber boat, dan 56 riggid buoyancy boat (RBB).

Sementara peralatan utama darat meliputi rescue truck, rescue car, rescue compartement, ATV, palsar, peralatan komunikasi dan sejenisnya. Tidak hanya itu, Basarnas juga didukung potensi SAR dari berbagai stakeholder terlatih sebanyak 21.523 personel, yang siaga di 317 posko gabungan dan 168 posko mandiri.

Basarnas bersama dengan potensi SAR dari berbagai stakeholder berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan rasa nyaman kepada masyarakat selama Lebaran.

Tim SAR akan siaga di berbagai titik krusial, seperti bandara udara, pelabuhan, jalan tol, terminal, stasiun kereta api, obyek pariwisata seperti pantai, gunung, dan wahana lainnya, yang mana memiliki kerawanan dan diprediksi bakal dikunjungi wisatawan.

Sebagai informasi tambahan, jumlah pemudik pada momentum Lebaran tahun ini diprediksi mengalami peningkatan yang signifikan, sehingga resiko terjadinya kondisi darurat juga semakin besar. "Basarnas all out, siap memberikan pelayanan SAR yang optimal kepada masyarakat yang membutuhkan," tegas Eko Suyatno.

Ia menambahkan, masyarakat juga dapat menghubungi emergency call Basarnas di nomor 115 jika membutuhkan pelayanan SAR. "Kami siaga 24 jam, kepada masyarakat silahkan menghubungi 115 jika mengalami atau melihat kondisi darurat yang membutuhkan bantuan SAR,' tutupnya.

Simak berita dan artikel lainnya di
Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Beritasatu.com via whatsapp

Bagikan

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek