Pilihan

KAI Ungkap Pemudik Terbanyak dari Stasiun Senen, Mayoritas ke Surabaya - detik

 

KAI Ungkap Pemudik Terbanyak dari Stasiun Senen, Mayoritas ke Surabaya

Jakarta 

-

PT KAI Persero Daop 1 Jakarta mencatat pada H-4 Lebaran ada 47 ribu pemudik berangkat dari beberapa stasiun di wilayah Jakarta. Pemudik terbanyak berangkat dari Stasiun Pasar Senen.

"Berdasarkan data hari ini tanggal 6 April 2024, hari ini merupakan puncak arus mudik tertinggi, yaitu sebanyak 47 ribu lebih pemudik menggunakan jasa angkutan kereta api yang berangkat dari Jakarta," kata Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, kepada wartawan, Sabtu (6/4/2024)

Sementara, di urutan kedua pemudik terbanyak terjadi pada H-5 Jumat (5/4) sebanyak 46.509 orang. Berikutnya, pada H-3 Minggu (7/4) besok, tercatat ada 46.374 calon penumpang KA yang telah melakukan pemesanan tiket.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Untuk diketahui, KAI Daop 1 Jakarta memberangkatkan pemudik dari sejumlah stasiun yaitu Stasiun Pasar Senen, Jakarta Kota, Jatinegara, Bekasi, Cikampek, Karawang, dan Cikarang.

Sebanyak 47.005 penumpang mudik telah berangkat dari Jakarta dengan 79 operasional kereta api jarak jauh (KAJJ) pada Sabtu (6/4). Dari Stasiun Gambir 19.192 penumpang dengan 41 perjalanan, Stasiun Pasar Senen 26.777 penumpang dengan 38 perjalanan, sisanya dari beberapa stasiun lain yaitu Jakarta Kota, Jatinegara, Bekasi, Cikampek, Karawang dan Cikarang.

Selama masa mudik Lebaran 31 Maret-21 April 20124, KAI Daop 1 Jakarta telah menyedikan sebanyak 1.688 perjalanan kereta dengan rata-rata 77 perjalanan per harinya, dengan rincian 40 perjalanan berangkat dari Stasiun Gambir dan 37 perjalanan berangkat dari Stasiun Pasar Senen.

"Dari jumlah perjalanan KAJJ tersebut telah disediakan sebanyak 963.948 seat/tempat duduk dengan rata-rata perhari sebanyak 43.816 seat/tempat duduk," ujar Ixfan.

Berdasarkan data KAI Daop 1 Jakarta, mayoritas tujuan wilayah para pemudik pada masa mudik Lebaran 2024 adalah Surabaya, Jawa Timur. Lalu diikuti wilayah di Jawa Tengah yakni Solo, Kutoarjo, dan Purwokerto.

"Kalau dari (Stasiun) Senen paling banyak: 1. Surabaya, 2. Solo. 3. Kutoarjo. 4. Purwokerto," ucap Ixfan.

KAI Daop 1 Jakarta mencatat ada kenaikan jumlah pemudik pada masa mudik Lebaran 2024 yang berangkat dari stasiun wilayah Jakarta dibanding masa mudik Lebaran tahun sebelumnya.

"Ada kenaikan kurang lebih 8%," imbuhnya.

(rfs/jbr)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek