Pergerakan Penumpang di Bandara Lombok Naik 9 Persen Selama Libur Lebaran 2024 - BeritaSatu

 

Pergerakan Penumpang di Bandara Lombok Naik 9 Persen Selama Libur Lebaran 2024

Lombok Tengah, Beritasatu.com – PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok (BIL), Nusa Tenggara Barat (NTB) menorehkan pencapaian dengan melayani 115.597 pergerakan penumpang selama periode libur Lebaran 2024. 

ADVERTISEMENT

Angka ini menunjukkan peningkatan 9% dibandingkan periode Lebaran tahun lalu, mencerminkan tingginya antusiasme masyarakat untuk merayakan Idulfitri di wilayah yang dijuluki sebagai Pulau Seribu Masjid ini.

“Lonjakan ini menunjukkan, optimistis dan kepercayaan masyarakat terhadap Bandara Lombok sebagai pintu gerbang utama menuju NTB,” ujar General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Lombok Minggus E T Gandeguai, Sabtu (20/4/2024).

Pada momen Lebaran, Bandara Lombok tidak hanya mengalami kenaikan pergerakan penumpang, juga pergerakan pesawat dan kargo. 

Tercatat, pergerakan pesawat naik 15% menjadi 1.160 pergerakan, sedangkan pergerakan kargo melonjak 16% menjadi 573.555 kilogram.

Minggus menjelaskan, puncak arus mudik Lebaran terjadi pada H-3 Idulfitri dengan 9.202 penumpang, sedangkan arus balik pada H+3 Idulfitri dengan 9.224 penumpang. Tercatat, rata-rata penumpang harian selama periode arus mudik dan balik mencapai 7.225 orang.

“Upaya pemulihan pasca-pandemi menunjukkan, hasil yang positif. Recovery rate Bandara Lombok dibandingkan periode Lebaran 2019 mencapai 83%,” imbuh Minggus.

Minggus mengungkapkan, sebanyak 37% penumpang dari Lombok memilih Jakarta sebagai tujuan utama. Kemudian, disusul Surabaya (27%), Bali (12%), Kuala Lumpur (6%), dan Yogyakarta (2%).

“Pencapaian ini menjadi momentum penting bagi Bandara Lombok untuk terus berkontribusi terhadap kemajuan ekonomi NTB dan nasional,” kata Minggus.

Minggus juga menyampaikan, terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kelancaran operasional Bandara Lombok selama Lebaran 2024. 

“Kami ucapkan terima kasih atas kerja keras dan dedikasinya, sehingga Bandara Lombok dapat melayani pengguna jasa dengan baik dan operasional bandara berjalan dengan kondusif,” tutupnya.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Beritasatu.com via whatsapp

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek