Pilihan

Polisi Siapkan Mobil Patroli Tiap 30 Menit saat Contraflow Arus Balik - CNN Indonesia

 

Polisi Siapkan Mobil Patroli Tiap 30 Menit saat Contraflow Arus Balik

Jakarta, CNN Indonesia 

--

Korlantas Polri menerapkan prosedur standar baru selama pelaksanaan skema rekayasa lalu lintas contraflow pada periode arus balik Lebaran 2024.

Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan menyebut akan ada mobil patroli yang dikerahkan setiap 30 menit sekali untuk menjaga kecepatan kendaraan di jalur contraflow.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia menjelaskan demi menghindari kecelakaan akibat tabrakan lintas jalur seperti yang terjadi di KM 58 Tol Jakarta-Cikampek pada awal pekan ini.

"Jadi pemberlakuan contraflow pasca kejadian 58, kita sudah evaluasi. Sudah ada SOP baru. Pertama nanti ada safety car," kata Aan kepada wartawan, Sabtu (13/4).

"Setiap 30 menit itu akan dikawal, akan didahului oleh kendaraan yang mempertahankan atau mengendalikan kecepatan. Jadi tak lebih dari 60 km/jam," sambungnya.

Selain itu, kata Aan, pembatas jalur contraflow disusun lebih rapat dibanding sebelumnya. Ia menyebut jarak pembatas dipasang tiap 10 meter.

Polisi juga sudah menyiapkan petugas untuk memberikan pertolongan cepat terhadap kendaraan yang bermasalah mulai dari mogok hingga kecelakaan.

"Kemudian tiap dobrakan atau button, itu akan ditempatkan anggota itu memberikan isyarat untuk memperlambat kecepatan," jelasnya.

Aan tetap mengimbau seluruh masyarakat yang akan melaksanakan perjalanan balik agar tetap menjaga kondisi fisik saat berkendara. Warga diminta beristirahat jika sudah terlalu lelah.

Korlantas Polri memprediksi puncak arus balik mudik Lebaran 2024 akan terjadi mulai Minggu (14/4) dan Senin (15/4).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sudah mengusulkan kebijakan kerja dari rumah (work from home/WFH) kepada Presiden Joko Widodo.

Opsi ini diambil untuk memecah kepadatan lalu lintas kendaraan pada arus balik Lebaran. Budi menyebut WFH itu diusulkan berlaku pada Selasa (16/4) dan Rabu (17/4).

"Kalau selama ini kita liburnya sudah banyak, kalau libur melulu Indonesia enggak produktif, tapi ini hak prerogatif Pak Presiden (Jokowi) untuk meluruskan rekomendasi WFH ini," kata Budi, Jumat (12/4).

(tfq/tsa)

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek