Pilihan

Ruas Jalan Longsor Tol Bocimi Tak Bisa Digunakan untuk Mudik Lebaran, Perbaikan Butuh Tiga Bulan - BeritaSatu

 

Ruas Jalan Longsor Tol Bocimi Tak Bisa Digunakan untuk Mudik Lebaran, Perbaikan Butuh Tiga Bulan

Kamis, 4 April 2024 | 14:11 WIB
Muhammad Fakhruddin / DIN

PVMBG mengungkapkan lokasi longsor yang terjadi di Tol Bocimi KM 64 masuk ke dalam zona kerentanan gerakan tanah menengah yang ditandai warna kuning pada peta gerakan tanah, Kamis, 4 April 2024. (Beritasatu.com/Muhammad Fakhruddin)

Jakarta, Beritasatu.com - Pemangku Kebijakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Kementerian PUPR Sonny S Wibowo menyebut perbaikan ruas jalan Tol Bocimi yang terkena longsor membutuhkan waktu dua sampai tiga bulan, dikarenakan kerusakan yang cukup berat. Menurut Sonny, perbaikan jalan rusak tidak bisa buru-buru untuk digunakan sebagai jalur mudik dan balik.

"Terkait kerusakan longsor di Bocimi memang kami sudah evaluasi ke sana memang agak berat kerusakannya, karena hampir satu ruas jalan," kata Sonny seperti dikutip dari Antara, Kamis (4/4/2024).

Menurut Sonny, pihaknya tidak bisa memaksakan perbaikan agar selesai digunakan untuk jalur mudik. "Jadi kalau kami paksakan perbaikan untuk kegiatan mudik dan balik saya kira terlalu riskan jadi kemungkinan besar kalau pengalaman dari longsor yang sebelumnya itu mungkin bisa 2-3 bulan baru bisa diselesaikan," tutur Sonny.

Untuk itu, Sonny berharap masyarakat pengguna jalan agar mengikuti rekayasa lalu lintas yang diberlakukan oleh Korlantas Polri. "Kami berharap minta kesadaran kepada masyarakat untuk tadi alternatif yang sudah diberikan melewati ruas jalan tersebut," kata Sonny.

Longsor terjadi longsor pada jalan Tol Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi 2 pada KM 64+600 A dari arah Jakarta menuju Sukabumi pada Rabu (3/4/2024).

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan pemerintah sudah mengupayakan kelancaran arus di Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seusai terjadi longsor dengan melakukan rekayasa lalu lintas yang disiapkan oleh Korlantas Polri.

"Kejadian longsor di jalur Bocimi akan sangat mengganggu perjalanan mudik, tetapi dari Korlantas Polri sudah berupaya bagaimana melakukan rekayasa lalu lintas, mudah-mudahan tidak mengganggu perjalanan mudik," kata Muhadjir.

Simak berita dan artikel lainnya di
Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Beritasatu.com via whatsapp

Bagikan

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek