Pilihan

Sejumlah Wilayah di Lumajang Diterjang Banjir, Puluhan Rumah Tergenang Air - BeritaSatu

 

Sejumlah Wilayah di Lumajang Diterjang Banjir, Puluhan Rumah Tergenang Air

Jumat, 19 April 2024 | 07:01 WIB
Ahmad Rifqi Danwanus Khalwani / JAS

Relawan dan warga mengevakuasi lansia dari banjir yang terjadi di Lumajang, Jawa Timur, Kamis, 18 April 2024. (Beritasatu.com/Ahmad Rifqi Danwanus Khalwani)

Lumajang, BeritaSatu.com - Selain banjir lahar Gunung Semeru, banjir luapan juga terjadi di sejumlah titik di Kabupaten Lumajang. Banjir luapan menggenangi rumah warga di bantaran Sungai Asem Kelurahan Rogotrunan, Kecamatan/Kabupaten Lumajang, Jawa Timur pada Kamis malam (18/4/2024).

Banjir merendam pemukiman warga hingga sebetis orang dewasa. Tampak sebagian warga melakukan evakuasi serta menyelamatkan perabotan rumah tangga dari rendaman banjir.

Diketahui banjir terjadi lantaran hujan deras dengan intensitas tinggi sejak siang hari. Banjir kiriman dari aliran sungai meluap hingga ke wilayah pemukiman warga.

“Dari siang tadi hujan deras. Terus sekitar jam 9 malam ini sungai meluap dan airnya masuk rumah,” kata Nanang, salah seorang warga.

Sementara itu, Mujiarti, warga lain mengaku banjir ini sudah beberapa kali terjadi saat hujan deras dengan waktu berjam-jam.

“Sering banjir di sini. Kalau hujannya berjam-jam airnya meluap,” katanya.

Setidaknya terdapat puluhan rumah terendam banjir luapan Sungai Asem. Sementara itu, sejumlah relawan juga telah melakukan evakuasi warga lansia dan ibu-ibu.

Jauhari, salah seorang relawan menyampaikan sejumlah titik di kawasan kota dilaporkan telah terendam banjir. “Beberapa titik juga telah dilaporkan terendam banjir," ujarnya.

Peristiwa banjir lain juga bersamaan terjadi di sejumlah wilayah Kabupaten Lumajang.

“Ini kiriman luapan dari atas. Selain itu, juga dilaporkan ada banjir lahar Semeru di daerah Candipuro,” katanya.

Hingga kini, dilaporkan ada sejumlah jembatan yang terputus akibat diterjang banjir. Sementara, petugas BPBD Kabupaten Lumajang hingga kini tengah melakukan evakuasi sekaligus asesmen akibat peristiwa banjir di sejumlah titik.

Simak berita dan artikel lainnya di
Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Beritasatu.com via whatsapp

Bagikan

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek