Pilihan

Sidang Isbat Digelar Hari Ini, Lebaran Diperkirakan Bersamaan 10 April - CNN Indonesia

 

Sidang Isbat Digelar Hari Ini, Lebaran Diperkirakan Bersamaan 10 April

Jakarta, CNN Indonesia 

--

Kementerian Agama (Kemenag) bakal menggelar Sidang Isbat untuk menentukan 1 Syawal atau Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah pada Selasa (9/4) hari ini.

Adapun hasilnya diperkirakan lebaran versi pemerintah dan Muhammadiyah bakal jatuh di tanggal yang sama.

"Untuk Sidang Isbat tetap kami laksanakan pada tanggal 9 April 2024," ujar Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki usai Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat 2024, Senin (25/3).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dia memprediksi hari Raya Idul Fitri akan jatuh pada 10 April 2024 alias sama dengan Muhammadiyah. Namun, prediksi tersebut bakal dikonfirmasi kembali dengan Sidang Isbat hari ini.

"InsyaAllah Hari Raya Idul Fitri akan dirayakan secara bersama-sama bagi seluruh umat Muslim di Indonesia. Tapi nanti akan kami konfirmasi lagi pada 9 April untuk melakukan Sidang Isbat di Jakarta," jelas dia.

Potensi kesamaan ini lantaran terpenuhinya syarat minimal hilal di kriteria MABIMS (Menteri-menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura), yakni tinggi hilal minimal 3 derajat dan elongasi atau jarak sudut Bulan-Matahari minimal 6,4 derajat.

Sementara itu, Muhammadiyah memakai kriteria Wujudul Hilal buat memutuskan awal bulan Hijriah. Muhammadiyah juga telah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1445 H jatuh pada 10 April 2024.

"InsyaAllah Muhammadiyah akan ber-Idul Fitri pada 10 April 2024 dan tampaknya Idulfitri akan sama antara pemerintah dan Muhammadiyah," jelas ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, di kantornya, Yogyakarta, Sabtu (6/4), melansir Antara.

Dengan kriteria Wujudul Hilal tersebut, Muhammadiyah pun tak ambil pusing dengan angka minimal hilal. Adapun yang penting adalah sudah bernilai positif hasil hitung atau hisab tanpa perlu pengamatan (rukyat).

Hitungan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkap hilal 10 April telah memenuhi syarat Idul Fitri versi MABIMS.

Hasil hisab BMKG menunjukkan ketinggian Hilal di Indonesia saat Matahari terbenam pada 9 April berkisar antara 4,88 derajat di Merauke, Papua; sampai dengan 7,63 derajat di Sabang, Aceh.

Elongasi geosentris di Indonesia ketika Matahari terbenam pada 9 April berkisar antara 8,39 derajat di Merauke, Papua; sampai dengan 10,22 derajat di Sabang, Aceh.

Senada, Peneliti Ahli Utama Pusat Riset Antariksa (BRIN) Thomas Djamaluddin memprediksi kondisi Bulan baru di Jakarta pada 9 April 2024 sudah mencapai ketinggian 6,3 derajat dan elongasi 8,9 derajat.

Persamaan awal bulan Syawal ini berbeda dengan kondisi penentuan awal Ramadan 1445 H.

Kala itu, Muhammadiyah menetapkan bulan Ramadan jatuh pada 11 Maret, sedangkan Pemerintah-PBNU memutuskan bulan Ramadan jatuh pada 12 Maret.

Arab Saudi Lebaran 10 April

Kerajaan Arab Saudi menetapkan Hari Raya Idulfitri 1445 H jatuh pada Rabu (10/4).

Penetapan Idulfitri ini dilakukan berdasarkan pengamatan hilal yang belum terlihat pada Senin (8/4) waktu setempat.

"Mahkamah Agung menetapkan (9/4) adalah hari terakhir Ramadan dan Rabu (10/4) sebagai hari pertama Idulfitri," demikian pernyataan resmi Saudi Press Agency, seperti dilansir dari AFP.

Selain itu, Uni Emirat Arab dan Qatar juga mengumumkan bahwa Idulfitri akan dimulai pada hari Rabu.

Lebih lanjut, Arab News melaporkan salat Idul Fitri di Saudi bakal digelar pagi hari.

Menteri Urusan Islam, Dakwah, dan Bimbingan Saudi Syekh Abdullatif Al-Asheikh baru-baru ini mengeluarkan arahan untuk mengadakan salat Idul Fitri 15 menit setelah matahari terbit sesuai kalender Umm Al-Qura.

Dalam surat edarannya, Al-Asheikh menyampaikan salat mesti dilakukan di tempat terbuka yang telah ditentukan, serta di semua masjid.

(pop/chs)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek