Pilihan

Usai Ditetapkan sebagai Presiden, Prabowo Bakal Langsung Bangun Koalisi Kuat - Halaman all - Serambinews

 

Usai Ditetapkan sebagai Presiden, Prabowo Bakal Langsung Bangun Koalisi Kuat - Halaman all - Serambinews

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Presiden terpilih RI, Prabowo Subianto mengatakan pihaknya ingin segera membangun koalisi yang kuat dan efektif setelah menang gugatan Mahkamah Konstitusi (MK). 

Ketua Umum Partai Gerindra itu mengatakan dirinya segera ingin membangun koalisi setelah ditetapkan sebagai Presiden Terpilih RI oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu (24/4/2024) besok.

"Sesudah itu kita akan memulai bekerja untuk melakukan komunikasi politik dengan semua unsur, dimana kita akan berusaha membangun suatu, suatu koalisi yang kuat, koalisi yang efektif," ucap Prabowo di kediamannya di Jalan Kertanegara IV, Jakarta, Selasa (23/4/2024) malam.


Ia mengatakan bahwa pertandingan pemilihan presiden (pilpres) sudah selesai setelah MK menolak gugatan sengketa hasil Pilpres 2024.

Dengan begitu, mantan Danjen Kopassus itu berharap semu pihak bersatu bekerja dalam membangun bangsa.

"Kita sudah selesai pertandingan, sudah ada keputusan, rakyat sudah sekarang berharap menuntut semuanya untuk bersatu, bekerja untuk kepentingan bangsa dan rakyat," katanya.

Di sisi lain, Prabowo pun menyampaikan terima kasih kepada tim kuasa hukumnya yang telah berhasil membelanya di MK.

"Terima kasih atas jerih payah, atas pekerjaan keras meraka, Alhamdulillah kita sudah berhasil di MK. Sekarang saatnya kita bersatu kembali, rakyat benar-benar berharap kita untuk kita bersatu dan bekerja untuk rakyat," pungkasnya.

Baca juga: PDIP Minta KPU Tunda Penetapan Prabowo-Gibran Sebagai Presiden dan Wakil Presiden, Ini Sebabnya

KPU Tetapkan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wakil Presiden pada 24 April

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan menetapkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden-Wakil Presiden terpilih pada 24 April 2024. 

Hal ini menyusul Mahkamah Konstitusi atau MK menolak gugatan Pilpres 2024 yang diajukan oleh capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Hal ini disampaikan MK pada sidang putusan PHPU 2024 di Gedung MK, Senin (22/4).

"Tahapan berikutnya untuk tahapan pemilu presiden adalah penetapan calon presiden dan wakil presiden terpilih 2024 yang diagendakan KPU pada hari Rabu 24 April jam 10.00 WIB di kantor KPU RI," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di gedung MK, Jakarta Pusat, Senin (22/4). 

 
Hasyim menjelaskan, seluruh permohonan dari pihak pemohon ditolak membuat Surat Keputusan (SK) Nomor 360 Tahun 2024 tentang Penetapan Hasil Pemilu 2024 Secara Nasional, dinyatakan benar dan tetap sah.

"Surat tersebut jadi dasar KPU untuk segera melakukan penetapan," ujar Hasyim. 

Majelis hakim MK menjatuhkan putusan menolak seluruh permohonan gugatan PHPU atau sengketa terkait Pilpres 2024 yang diajukan kubu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Perkara PHPU yang diajukan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD juga kandas.

"Menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya," kata Ketua MK Suhartoyo saat persidangan.

 
Tiga hakim konstitusi menyatakan dissenting opinion terhadap kedua putusan tersebut. Yakni, Enny Nurbaningsih, dan Arief Hidayat serta Wakil Ketua MK Saldi Isra.

Baca juga: PKB dan Nasdem Kemungkinan Gabung Koalisi Prabowo-Gibran, PDIP dan PKS Tetap Oposisi?

Gibran Berencana Temui Para Tokoh usai Penetapan KPU

Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka berencana menemui para tokoh untuk bersilaturahmi, terlebih kubu pasangan 01 dan 03 disebutnya telah menerima putusan sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK).

Peryataan itu disampaikan oleh Gibran di Solo, Jawa Tengah, sehari setelah putusan MK, Selasa (23/4/2024).

Gibran mengatakan akan ada serangkaian pertemuan dengan beberapa pihak setelah penetapan Presiden dan Wakil Presiden di Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta, Rabu (24/4).

“Nanti dari KPU akan ada beberapa pertemuan, ditunggu saja," ucapnya, dikutip Antara.

Ia menegaskan, pihaknya ingin segera melakukan silaturahmi dengan semua pihak.

"Setelah KPU, kami akan menemui tokoh-tokoh, tujuannya untuk silaturahmi. Dari 01 dan 03 kan juga sudah menerima putusannya," katanya.

Gibran juga mengaku telah menerima ucapan selamat dari berbagai pihak setelah putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal sengketa Pilpres, termasuk juga partai oposisi.

"Sudah memberikan selamat juga. Dari tokoh Solo juga banyak," katanya.

Disinggung mengenai keputusan sejumlah pihak yang ingin tetap menjadi oposisi pada pemerintah Prabowo-Gibran mendatang, menurut dia hal itu keputusan masing-masing partai politik.

"Ya itu keputusan ada di para ketua umum, bukan di saya. Intinya, yang namanya merangkul itu tujuannya silaturahmi," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Prabowo Subianto akan bertemu dengan tim hukummya pada malam ini, Selasa (23/4/2024).

Pertemuan itu rencananya membahas putusan sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK).

Penjelasan itu disampaikan oleh Wakil Ketua Tim Hukum pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Fachri Bachmid melalui keterangan tertulis, Selasa.

“Sesuai jadwal hari ini tim hukum Prabowo-Gibran secara lengkap dipimpin oleh Prof. Yusril Ihza Mahendra selaku ketua tim bertemu Prabowo,” ujarnya dikutip Kompas.com.


“Selain melaporkan hasil persidangan MK kepada Prabowo selaku prinsipal atau pemberi kuasa, sekaligus bersilaturahmi bersama presiden terpilih 2024-2029,” kata Fachri.

Ia menambahkan, dalam pertemuan tersebut tim hukum juga akan meminta arahan-arahan dari Prabowo.

Baca juga: PKB dan Nasdem Kemungkinan Gabung Koalisi Prabowo-Gibran, PDIP dan PKS Tetap Oposisi?

Baca juga: Suguhkan Kuah Beulangong dan Sie Reboh, Pj Gubernur dan Pj Bupati Iswanto Sambut Irjen Kemendagri

Baca juga: PKB dan Nasdem Kemungkinan Gabung Koalisi Prabowo-Gibran, PDIP dan PKS Tetap Oposisi?

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek