Erick Thohir Optimistis Agenda Transformasi BUMN Akan Tuntas 99 Persen - BeritaSatu

 

Erick Thohir Optimistis Agenda Transformasi BUMN Akan Tuntas 99 Persen

Senin, 6 Mei 2024 | 05:36 WIB
Antara / HE

Erick Thohir. (Antara/Dhemas Reviyanto)

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir optimistis 99% agenda transformasi BUMN akan selesai pada Oktober 2024 atau di penghujung masa jabatannya sebagai menteri.

Di sisa beberapa bulan ke depan, ia bersama Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo akan bekerja keras menyelesaikan beberapa agenda transformasi BUMN yang belum selesai.

"Transformasi saat ini adalah memetakan BUMN agar ke depan mampu bersaing dan tetap efektif. Itu diperlukan agar BUMN bisa menjadi benteng ekonomi nasional," kata Erick Thohir di acara family gathering Kementerian BUMN di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Minggu (5/5/2024).

Erick menegaskan, program transformasi dapat memberikan hasil optimal apabila dilakukan secara keberlanjutan. Dirinya bersama jajarannya di Kementerian BUMN juga telah mempersiapkan blueprint hingga 2034. Salah satu fokusnya adalah bagaimana memperkuat ekosistem.

"Contohnya, pangan dan pupuk (saat ini) terpisah. Ini ke depan akan menjadi satu ekosistem. Karena kalau bicara pangan, tidak mungkin tanpa membahas tentang pupuk," kata Erick.

Terkait pupuk, ia juga melihat masih banyak hal yang perlu diperbaiki, terutama terkait bahan baku.

"Kalau kita ingin menjadi produser pupuk nomor lima atau bahkan nomor tiga di dunia, perlu ada kepastian terkait bahan bakunya. Jadi semuanya harus didetailkan (melalui blueprint)," kata Erick.

Hal lainnya yang menjadi perhatian terkait anggaran BUMN 2025 dan juga penyertaan modal negara (PMN).

“Jadi siapa pun nanti pengganti kami, mereka akan tahu ada pekerjaan yang tengah dilakukan sebelumnya," ujar Erick.

Simak berita dan artikel lainnya di
Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Beritasatu.com via whatsapp

Bagikan

Baca Juga

Komentar