Pilihan

Helikopter Presiden Iran Jatuh Belum Ditemukan, AS Pantau Perkembangan Turki Kirim Drone - inews

 

Helikopter Presiden Iran Jatuh Belum Ditemukan, AS Pantau Perkembangan Turki Kirim Drone

Anton Suhartono
Helikopter Presiden Iran Jatuh Belum Ditemukan, AS Pantau Perkembangan Turki Kirim Drone
Helikopter yang membawa Presiden Iran Ebrahim Raisi jatuh (Foto: IRNA via Reuters)

ISTANBUL, iNews.id - Amerika Setikat (AS) memantau dengan cermat perkembangan kecelakaan helikopter yang membawa Presiden Iran Ebrahim Raisi, Minggu (19/5/2024). Hekilopter yang juga membawa Menteri Luar Negeri Hossein Amir Abdollahian itu melakukan pendaratan keras akibat cuaca buruk.

"Kami mengikuti dengan cermat laporan kemungkinan pendaratan darurat sebuah helikopter di Iran yang membawa presiden dan menteri luar negeri Iran," kata seorang juru bicara Departemen Luar Negeri (Deplu) AS, dikutip dari Anadolu, Senin (20/5/2024).

Gedung Putih menyatakan Presiden Joe Biden juga sudah mendapat pengarahan soal kecelakaan yang dalami Raisi.

Stasiun televisi pemerintah Iran, mengutip pernyataan seorang pejabat, melaporkan setidaknya satu penumpang dan kru telah melakukan kontak dengan tim penyelamat. Dilaporkan pula bahwa helikopter sudah ditemukan, namun Bulan Sabit Merah Iran membantah laporan tersebut.

Sebelumnya keprihatinan disampaikan beberapa negara sekutu Iran. Qatar, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab, menawarkan bantuan untuk pencarian helikopter tersebut.

Hal serupa disampaikan Juru Bicara Kemlu Rusia Maria Zakahrova. Negaranya siap memberikan bantuan yang diperlukan untuk Iran.

Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev juga mengungkapkan keprihatinan serius atas kecelakaan helikopter yang membawa Raisi. Kecelakaan itu terjadi setelah dirinya bertemu langsung dengan Raisi.

“Hari ini, setelah bertemu dengan Presiden Republik Islam Iran, Ebrahim Raisi, kami sangat khawatir dengan pemberitaan bahwa helikopter yang membawa pejabat tinggi melakukan pendaratan darurat di Iran. Doa kami kepada Tuhan Yang Maha Esa menyertai Presiden Ebrahim Raisi serta delegasi pendampingnya. Sebagai negara bertetangga, bersahabat dan bersaudara, Republik Azerbaijan siap memberikan segala bentuk bantuan,” kata Aliyev, dalam pernyataan di media sosial X.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengungkapkan rasa sedih atas kecelakaan  Raisi. Pemerintah Turki terus melakukan kontak penuh dengan pihak berwenang Iran dan siap memberikan bantuan apa pun yang diperlukan.

“Saya menyampaikan doa terbaik saya kepada tetangga, teman, dan saudara kita, rakyat dan pemerintah Iran. Saya berharap bisa mendapat kabar baik dari Raisi dan delegasinya sesegera mungkin,” kata Erdogan di media sosial X.

Turki telah mengerahkan drone, helikopter, kendaraan, serta tim penyelamat atas permintaan Iran. 

Sementara itu Uni Eropa menawarkan teknologi pemetaan satelit darurat kepada Iran.

Helikopter yang membawa Raisi dilaporkan melakukan pendaratan darurat di hutan karena cuaca buruk. Saat itu Raisi dan beberapa pejabat akan kembali ke Teheran setelah menghadiri upacara peresmian bendungan di perbatasan dengan Azerbaijan.

Masyarakat Bulan Sabit Merah Iran sebelumnya menyatakan kecelakaan terjadi di antara wilayah Kaleybar dan Varzaqan​​​​​​​.

Selain halikopter Raisi, ada dua heli lainnya yang membawa rombongan pemerintah. Ketiga helikopter terbang dalam formasi konvoi. Namun kedua helikopter lainnya mendarat dengan selamat di tujuan.

Editor : Anton Suhartono

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek