Pilihan

HET Minyakita Bakal Naik Rp1.000 per Liter - CNN Indonesia

 

HET Minyakita Bakal Naik Rp1.000 per Liter

Selasa, 07 Mei 2024 08:20 WIB

HET) minyak goreng kemasan Minyakita bakal naik Rp1.000 dari Rp14 ribu per liter ke Rp15 ribu per liter. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Jakarta, CNN Indonesia 

--

Harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng kemasan Minyakita bakal naik Rp1.000 dari Rp14 ribu per liter ke Rp15 ribu per liter.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) pernah menyebut kenaikan HET Minyakita ini akan dilakukan usai Pemilu 2024, tetapi hingga kini belum terjadi.

"Memang packagingnya kan sudah mahal, cuman nanti lah habis pemilu. Habis pemilu Rp15 ribu ya," kata Zulhas di Tokopedia Tower, Januari lalu.

Ia mengatakan keputusan kenaikan HET Minyakita masih dalam pembahasan.

"Ya memang Rp14 ribu mestinya, tapi mengikuti perkembangan inflasi. Tapi kita belum memutuskan. Masih harus rapat menko dulu untuk jadi Rp15 ribu," katanya.

Minyakita adalah produk yang diluncurkan Zulhas pada Juli 2022 lalu. Niat Zulhas kala itu adalah untuk menekan harga minyak goreng yang melambung tinggi.

Namun, Minyakita sempat langka di pasar pada awal 2023. Kini minyak tersebut sudah tersedia di pasar namun sejumlah pedagang menjualnya di atas HET Rp14 ribu per liter.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Isy Karim mengatakan harga Minyakita beragam di setiap pasar, tetapi rata-rata sudah dijual Rp15 ribu per liter.

"Kalau di atas HET bukan enggak apa-apa, tapi masih ditolerir sepanjang tidak terlalu tinggi," katanya.

Mengenal Minyakita, Migor Murah yang Kini Langka dan Mahal di Pasar
(fby/pta)

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek