Pilihan

IDF Siap Mundur dari Koridor Netzarim, Harga Mahal Israel yang Kembali Tunduk pada Syarat Hamas - TribunNews

 

IDF Siap Mundur dari Koridor Netzarim, Harga Mahal Israel yang Kembali Tunduk pada Syarat Hamas - TribunNews

Konflik Palestina Vs Israel

IDF Siap Mundur dari Koridor Netzarim, Harga Mahal Israel yang Kembali Tunduk pada Syarat Hamas

Menyerahkan koridor Netzarim ke tangan Hamas setelah upaya berbulan-bulan, dinilai jadi penyerahan 'satu-satunya piala' yang diperoleh Israel di Gaza

zoom-inIDF Siap Mundur dari Koridor Netzarim, Harga Mahal Israel yang Kembali Tunduk pada Syarat Hamas

khaberni/ho

Seorang tentara Israel (IDF) berdiri di dekat tank dengan latar belakangan puing-puing dan debu kehancuran Gaza. Selama lebih dari enam bulan membombardir, Israel belum mencapai target Perang yang mereka tetapkan. Terkini, Israel kembali dihadapkan pada kekalahan memalukan atas syarat yang diajukan Hamas dalam negosiasi pertukaran tahanan dan sandera yang meminta penghentian perang secara permanen. 

IDF Siap Mundur dari Koridor Netzarim, Media Israel: Harga yang Mahal untuk Negoisasi dengan Hamas

TRIBUNNEWS.COM - Surat kabar berbahasa Ibrani, Yedioth Ahronoth, menggambarkan kalau Israel kembali 'takluk' dari Hamas dalam negoisasi pertukaran tahanan dan sandera yang sedang berlangsung.

Laporan itu merujuk kabar dari radio tentara pendudukan Israel pada Kamis (2/5/2024) yang melaporkan kalau Tel Aviv bersedia untuk menarik pasukan Israel (IDF) dari Koridor Netzarim di Jalur Gaza.

Baca juga: Netzarim Membara, Dua Tentara Israel Tewas Kena Tembak Tank Sendiri, Yang Lain Kena Ranjau Al Qassam

Media Israel menggambarkan kesediaan ini sebagai “harga mahal” untuk kesepakatan yang mencakup pertukaran tahanan dengan Gerakan Pembebasan Palestina, Hamas.

Hingga Jumat, Hamas menyatakan masih mempelajari proposal pertukaran tahanan demi gencatan senjata yang sudah diserahkan Israel ke mediator.

Baca juga: Tawaran Final Buat Hamas, Israel Batal Kirim Delegasi ke Perundingan Gencatan Senjata di Kairo

Koridor Pembelah Gaza

Seperti diketahui, selama enam bulan lebih melancarkan bombardemen buta di Jalur Gaza, Israel belum mencapai target apa pun yang mereka tetapkan dalam Perang Gaza ini, baik itu melenyapkan Hamas maupun membebaskan para sandera mereka yang ditawan Hamas.

Beberapa di antara pencapaian yang diperoleh Israel hanyalah kehancuran dan terbelahnya Gaza lewat pembangunan area yang memisahkan antara Gaza Selatan dan Utara, dinamai dengan koridor Netzarim.

Pembangunan koridor ini pun sejatinya hanya langkah taktis, kemungkinan dipermanenkan, agar melemahkan pergerakan dan mobilitas Hamas dan milisi lain Perlawanan Palestina.

Baca juga: Operasi Netzarim Al Qassam, Adu Strategi Hamas-Israel di Koridor Pembelah Gaza Pra-Invasi Rafah

Menyerahkan koridor Netzarim ke tangan milisi perlawanan setelah upaya berbulan-bulan, dinilai sebagai penyerahan 'satu-satunya piala' yang diperoleh IDF di Gaza.

Kesediaan menyerahkan koridor ini, secara taktis, justru bertentangan dengan target yang ditetapkan Israel, memberangus Hamas.

Hal itu lantaran kelompok milisi Palestina diyakini akan secara mudah melakukan re-grouping pasukan dan mengorganisir kekuatan baru.

Dengan demikian, usaha Israel membombardir Gaza dengan biaya yang sangat besar, akan berakhir sia-sia kecuali keunggulan semu atas kehancuran total di wilayah kantung Palestina tersebut.

Baca juga: Dewan Perang Israel Gelar Rapat Malam Ini Bahas Pertukaran Tahanan, Kembali Turuti Mau Hamas?

Tamparan keras lain bagi Israel adalah niat mereka yang sudah ke ubun-ubun menginvasi Rafah, kemungkinan akan kembali tertunda atau bahkan batal demi memenuhi permintaan dan syarat Hamas.

Terlepas dari koar-koar Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang menyatakan invasi Rafah adalah keniscayaan -baik deal atau tidak negosiasi dengan Hamas, beberapa waktu belakangan muncul kabar kalau IDF tengah mempertimbangkan opsi serangan lain selain Rafah.

Baca juga: Israel Pertimbangkan Alternatif Serangan Besar di Perbatasan Mesir Jika Invasi Rafah Batal 

Dapatkan Berita Pilihan

di WhatsApp Anda

Tribunnews

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek