Pilihan

Irak Tawarkan Bantuan Cari Lokasi Jatuh Helikopter Presiden Iran - CNN Indonesia

 

Irak Tawarkan Bantuan Cari Lokasi Jatuh Helikopter Presiden Iran

CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Irak menawarkan bantuan kepada Iran dalam upaya pencarian dan penyelamatan helikopter yang membawa Presiden Iran Ebrahim Raisi jatuh, Minggu (19/5).

Perdana Menteri Irak Mohamed Shia al-Sudani "menginstruksikan kementerian dalam negeri, Palang Merah Irak dan otoritas terkait lainnya untuk menawarkan sumber daya yang tersedia untuk membantu pencarian pesawat presiden Iran," ujar juru bicara pemerintah Bassem al-Awadi dalam sebuah pernyataan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Televisi pemerintah Iran mengumumkan "sebuah kecelakaan menimpa helikopter yang membawa presiden" di wilayah Jofa, provinsi barat Azerbaijan Timur, mengutip AFP.

Tim pencarian dan penyelamatan menuju ke daerah pegunungan terpencil, kata media pemerintah, dan menambahkan bahwa Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian juga berada di dalam pesawat.

TV pemerintah menyiarkan rekaman tim Palang Merah Iran yang berjalan mendaki lereng di tengah kabut tebal, serta rekaman langsung kerumunan jamaah yang memanjatkan doa di tempat suci Imam Reza di kota Mashhad, kampung halaman Raisi.

Selain Irak, Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev juga menawarkan bantuan pencarian helikopter yang mengangkut Raisi.

Raisi mengunjungi provinsi tersebut pada hari Minggu untuk meresmikan sebuah bendungan di perbatasan antara kedua negara, ditemani oleh Aliyev.

"Hari ini, setelah mengucapkan selamat tinggal dengan ramah kepada Presiden Republik Islam Iran, Ebrahim Raisi, kami sangat terganggu oleh berita bahwa sebuah helikopter yang membawa delegasi utama mendarat darurat di Iran," kata Aliyev di media sosial.

"Republik Azerbaijan siap untuk menawarkan bantuan yang dibutuhkan," tambahnya.

Tim pencari dan penyelamat sedang menuju ke daerah pegunungan terpencil, kata media pemerintah Iran, dan menambahkan bahwa Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian juga berada di dalam pesawat.

(tim/dmi)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek