Pilihan

Jokowi Minta Pemda Tidak Habiskan Anggaran untuk Rapat dan Studi Banding - Liputan 6

 

Jokowi Minta Pemda Tidak Habiskan Anggaran untuk Rapat dan Studi Banding

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pemerintah daerah (pemda) tidak menghabiskan anggaran hanya untuk rapat dan studi banding.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 06 Mei 2024, 12:40 WIB
Jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Biro Pers Sekretariat Presiden/Lukas)

Advertisement

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pemerintah daerah (pemda) tidak menghabiskan anggaran hanya untuk rapat dan studi banding. Jokowi menekankan program-program kerja harus berorientasi pada hasil yang memberi keuntungan ekonomi bagi masyarakat.

"Jangan sampai anggaran dipakai untuk rapat-rapat kebanyakan dan studi banding yang kebanyakan. Sudahlah, itu masa lalu. Ini masa depan, jangan sampai itu terjadi lagi," kata Jokowi dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2024 di JCC Senayan, Jakarta, Senin (6/5/2024).

Advertisement

Mantan Wali Kota Solo itu mengingatkan agar anggaran daerah yang diberikan pemerintah tidak diecer ke dinas-dinas. Jokowi menekankan pembagian anggaran ke dinas-dinas harus diberikan skala priorotas.

Advertisement

"Program harus orientasi hasil, harus ada return ekonominya, harus fokus. Jangan sampai anggaran diecer-ecer ke dinas-dinas. Semuanya diberi skala prioritas enggak jelas. Ada kenaikan (anggaran) 10 persen, semua diberi 10 persen. Ndak jelas prioritasnya yang mana," tutur Jokowi.

Selain itu, Jokowi menekankan program yang dibuat harus tepat sasaran serta strategis, sehingga APBN dan APBD terlihat manfaatnya untuk masyarakat. Misalnya, anggaran penanganan stunting, justru digunakan untuk pembuatan pagar di puskesmas.

"Jangan bilang enggak ada, ada (kasus itu). Padahal enggak ada hubungannya stunting sama pager," ujar Jokowi.

"Musrenbangnas ini jadi sekrup penyambung agenda (pemerintah) pusat, provinsi, kabupaten dan kota, agar semua inline, semuanya seirama dan tepat sasaran," Jokowi menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Jokowi Ingatkan Harus Hati-hati Mengelola Fiskal

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pidato dalam sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin, 3 Juli 2023. (Foto: Instagram @jokowi)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pidato dalam sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin, 3 Juli 2023. (Foto: Instagram @jokowi)

Dalam kesempatan ini, Jokowi menyampaikan bahwa dunia saat ini dihadapkan pada situasi dan tantangan yang tidak mudah. Sebab, pertumbuhan ekonomi global diprediksi hanya berada di angka 3,2 persen akibat terdampak Covid-19.

Bahkan, kata dia, sejumlah negara seperti, Jepang, Inggris dan negara Eropa lainnya menuju jurang resesi. Untuk itu, Jokowi mengingatkan pentingnya hati-hati dalam mengelola fiskal dan anggaran sesuai skala prioritas.

"Jangan sampai ada uang serupiah pun meleset dari rencana yang kita buat. Perhatikan betul-betul skala prioritas," ucap Jokowi.

Infografis Jokowi dan Keluarga Dilaporkan Kolusi-Nepotisme ke KPK. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jokowi dan Keluarga Dilaporkan Kolusi-Nepotisme ke KPK. (Liputan6.com/Abdillah)

Advertisement

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek