Lagi! Pesawat Boeing 787 Qatar Airways Tujuan Irlandia Alami Turbulensi, Belasan Orang Terluka

 

Lagi! Pesawat Boeing 787 Qatar Airways Tujuan Irlandia Alami Turbulensi, Belasan Orang Terluka

DUBLIN, iNews.id - Pesawat Boeing 787 Dreamliner milik Qatar Airways mengalami turbulensi kuat saat melakukan penerbangan dari Kota Doha ke Irlandia, Minggu (26/5/2024). Sebanyak 12 orang dilaporkan terluka akibat insiden itu.

Otoritas Bandara Dublin menyatakan, pesawat tersebut mendarat dengan selamat dan sesuai jadwal. Pesawat dengan nomor penerbangan QR017 itu mendarat sesaat sebelum pukul 13.00 Waktu Dublin (19.00 WIB).

“Saat mendarat, pesawat disapa oleh layanan darurat, termasuk Polisi Bandara dan Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan kami, karena enam penumpang dan enam awak (total 12 orang) di dalamnya melaporkan cedera setelah pesawat mengalami turbulensi saat mengudara di atas Turki,” ungkap Otoritas Bandara Dublin dalam sebuah pernyataan.

Stasiun penyiaran Irlandia, RTE, yang mengutip sejumlah penumpang yang tiba di bandara, mengatakan insiden itu berlangsung kurang dari 20 detik dan terjadi saat layanan makanan dan minuman sedang berjalan di pesawat. Pihak Qatar Airways menyatakan, ada “sejumlah kecil” penumpang dan awak mengalami luka ringan selama penerbangan itu dan kini telah menerima perawatan medis.

Maskapai tersebut tidak secara langsung mengomentari insiden turbulensi itu. Namun mereka mengatakan masalah itu masih dalam penyelidikan internal.

Insiden penerbangan kali ini terjadi lima hari setelah pesawat Boeing yang dioperasikan Singapore Airlines dengan rute dari London ke Singapura terpaksa mendarat di Bangkok karena turbulensi parah. Peristiwa itu menewaskan seorang pria Inggris berusia 73 tahun dan menyebabkan 20 orang lainnya harus menjalani perawatan intensif.

Kecelakaan penerbangan terkait turbulensi adalah jenis yang paling umum, menurut studi 2021 yang dilakukan oleh Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS. Dari 2009 hingga 2018, badan AS tersebut menemukan bahwa turbulensi menyumbang lebih dari sepertiga kecelakaan penerbangan yang dilaporkan, dan sebagian besar mengakibatkan satu atau lebih cedera serius, namun tidak ada kerusakan pada pesawat.

Copyright ©2024 iNews.id. All Rights Reserved

Baca Juga

Komentar