Pelajar SMP di Tebet Hendak Bunuh Diri, KemenPPPA Minta Sekolah Terapkan Ramah Anak - inews

 

Pelajar SMP di Tebet Hendak Bunuh Diri, KemenPPPA Minta Sekolah Terapkan Ramah Anak

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) meminta sekolah menerapkan ramah anak. Tujuannya untuk mencegah siswa frustasi dan bullying. 

Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak KemenPPPA, Nahar juga mengaku prihatin atas siswa SMP yang nekat bunuh diri di Tebet, Jakarta Selatan.

“Kami prihatin dengan kejadian tersebut, kita perlu melakukan upaya-upaya pencegahan,” kata Nahar saat ditemui di Gedung iNews Tower, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2024).

Nahar mengatakan upaya mencegah bullying seharusnya dilakukan oleh pihak sekolah. Ada unit-unit khusus untuk anak menyampaikan permasalahan yang mereka hadapi di sekolah sehingga pihak pengajar memahami kondisi mereka.

“Tentu di sekolah itu kan harus ada pendamping. BK kan sudah ada, wali kelas ada. Nah yang kita dorong adalah unit-unit penangangan kasus, misalnya ada anak-anak dengan problem tertentu itu dia bisa konseling menanyakan, kalau misalnya tidak kuat gimana,” kata Nahar.

Menurut dia, KemenPPPA setiap tahun mengevaluasi kota layak anak. Salah satunya memeriksa keberadaan pelaksanaan kebijakan sekolah ramah anak dan memastikan lingkungan tersebut.

“Anak setelah keluar dari rumah, selama mengikuti pembelajaran guru harus berperan sebagai orang tua pengganti, ini yang harus dilakukan. Kalau tidak, anak bisa punya problem di rumah, dan di sekolah, jadi nggak punya safe place,” katanya.

Copyright ©2024 iNews.id. All Rights Reserved

Baca Juga

Komentar