Reaksi 10 Negara Terkait Kecelakaan Helikopter yang Menewaskan Presiden Iran Ebrahim Raisi - Viva

 

Reaksi 10 Negara Terkait Kecelakaan Helikopter yang Menewaskan Presiden Iran Ebrahim Raisi

Selasa, 21 Mei 2024 - 15:40 WIB

VIVA –  Tewasnya presiden Iran Ebrahim Raisi akibat kecelakaan helikopter pada Minggu 19 Mei 2024 menyita perhatian dunia internasional.

Selain presiden Iran Ebrahim Raisi, kecelakaan tersebut juga menewaskan sejumlah tokoh penting Iran seperti Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdollahian, Gubernur Provinsi Azerbaijan Timur Malek Rahmati, imam salat Jumat Tabriz Mohammad Ali Alehashem.

Presiden Iran Ebrahim Raisi

Photo :
  • (Foto AP/Vahid Salemi)

Juga seluruh kru dari helikopter jenis Bell 212  tewas, diantaranya seorang pilot, kopilot, kepala kru, kepala keamanan dan beberapa pengawalan yang totalnya berjumlah delapan orang seluruhnya dinyatakan tewas.

Wakil presiden Iran untuk urusan eksekutif Mohsen Mansouri mengatakan, helikopter yang membawa Presiden Iran Ebrahim Raisi dan dua helikopter lainnya dalam perjalanan ke kota Tabriz setelah kunjungan dari Azerbaijan untuk agenda peresmian bendungan Qiz Qalasi di perbatasan kedua negara.

Dikutip dari kantor berita IRNA, Setengah jam setelah penerbangan mereka, helikopter Raisi dan dua helikopter lainnya kehilangan kontak.

Diduga cuaca buruk menjadi faktor utama penyebab kecelakaan ini, di mana kabut tebal menyebabkan visibilitas atau pandangan menjadi sangat terbatas.

Tewasnya presiden Iran akibat kecelakaan helikopter tidak hanya mengguncang masyarakat Iran, tetapi juga menjadi perhatian dunia dan berdampak besar bagi internasional.

Dilansir dari kantor berita Al Jazeera, berikut reaksi 10 negara atas kematian presiden Iran Ebrahim Raisi:

1. Amerika Serikat

Departemen Luar Negeri Amerika Serikat telah menyampaikan belasungkawa resmi atas kematian Raisi dan pejabat lainnya dalam kecelakaan helikopter.

juru bicara departemen  Luar Negeri Amerika Serikat Matthew Miller mengatakan, ketika Iran memilih presiden baru, Amerika menegaskan kembali dukungan terhadap rakyat Iran dan perjuangan mereka untuk hak asasi manusia dan kebebasan mendasar.

Sementara itu, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengaku belum mengetahui penyebab jatuhnya helikopter tersebut. sehingga dirinya tidak bisa berspekulasi tentang apa yang mungkin menjadi penyebabnya.

2. Rusia

Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya dua pejabat tinggi yang disebutnya sebagai teman terpercaya Rusia.

Menurutnya peran mereka dalam memperkuat kerja sama yang saling menguntungkan Rusia-Iran dan kemitraan saling percaya sangat berharga.

Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut bawa Raisi adalah politisi luar biasa yang seluruh hidupnya didedikasikan untuk mengabdi pada tanah airnya.

Sebagai sahabat sejati Rusia, sambung Putin, Raisi memberikan kontribusi pribadi yang sangat berharga bagi pengembangan hubungan bertetangga yang baik antara negara-negara Rusia, dan melakukan upaya besar untuk membawa mereka ke tingkat kemitraan strategis

3. Turki

Menteri Luar Negeri Hakan Fidan menyampaikan belasungkawa dan mengatakan Ankara telah melakukan kontak dengan Iran sejak mendengar tentang kecelakaan itu pada hari Minggu.

Dia mengatakan lembaga-lembaga terkait di Turki, termasuk kementerian pertahanan dan otoritas manajemen bencana, telah berupaya semaksimal mungkin.

4. Italia

Dalam sebuah wawancara dengan stasiun televisi Italia Channel 5, Perdana Menteri Georgia Meloni mengatakan bahwa dia tidak melihat adanya perubahan dalam tatanan internal di Iran.

Ia menyebut akan terus berhubungan dengan sekutu kami di Eropa dan G7. PM Italia itu berharap kepemimpinan Iran di masa depan mau berkomitmen terhadap stabilisasi dan pengamanan kawasan.

5. Malaysia

Perdana Menteri Anwar Ibrahim mengatakan  sangat sedih dengan berita tersebut, ia menyatakan bahwa dia mendapat kehormatan untuk bertemu Raisi pada November lalu.

Menurutnya, Dedikasi Raisi terhadap keadilan, perdamaian, dan peningkatan ummat komunitas Islam benar-benar menginspirasi.

Anwar berkomitmen untuk memperkuat hubungan Malaysia-Iran, bekerja sama demi kemajuan masyarakat Malaysia dan dunia Muslim.

6. Suriah

Presiden Suriah Bashar Al-Assad menegaskan solidaritas Suriah terhadap Republik Islam Iran dan keluarga korban tewas. Assad menambahkan bahwa Suriah telah bekerja sama dengan mendiang presiden tersebut untuk memastikan hubungan strategis antara Suriah dan Iran tetap sejahtera.

7. Hamas

Kelompok Palestina menyampaikan belasungkawa dan solidaritas terdalam kepada Khamenei, pemerintah dan rakyat Iran atas kehilangan sosok orang nomor satu di negara tersebut.

Mereka memuji Raisi dan Amirabollahian karena mendukung Palestina melawan Israel dan menyatakan keyakinan bahwa lembaga-lembaga yang mengakar di Iran akan mengatasi dampak dari kerugian besar.

8. Cina

Presiden Xi Jinping menyebut kematian tragis presiden Iran Raisi sebagai kerugian besar bagi rakyat Iran dan rakyat Tiongkok.

Kementerian Luar Negeri Tiongkok menambahkan, Tiongkok telah kehilangan seorang teman baik.

9. India

Perdana Menteri Narendra Modi mengatakan sangat sedih dan terkejut dengan kematian Raisi. Kontribusi Raisi, sambung Narendra, dalam memperkuat hubungan bilateral India-Iran akan selalu dikenang.

10. Irak

Perdana Menteri Shia al-Sudani dalam sebuah pernyataan menyatakan solidaritasnya dengan saudara-saudara Iran dan para pejabat Republik Islam selama tragedi yang menyakitkan pada kecelakaan helikopter tersebut.

Makam Imam Reza di Iran

Tentang Makam Imam Reza, Tempat Presiden Iran Dimakamkan

Setelah upacara berkabung di Teheran, jenazah Presiden Iran Ebrahim Raisi akan dibawa ke Masyhad, kampung halamannya, untuk dimakamkan di tempat suci Makam Imam Reza.

img_title

VIVA.co.id

23 Mei 2024

Baca Juga

Komentar