Pilihan

RI Usulkan Reog Ponorogo, Kolintang dan Kebaya Jadi Warisan Budaya UNESCO - inewz

 

RI Usulkan Reog Ponorogo, Kolintang dan Kebaya Jadi Warisan Budaya UNESCO

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah Indonesia mengusulkan Reog PonorogoKolintang, dan Kebaya menjadi warisan dunia United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). Saat ini pemerintah menunggu keputusan dari UNESCO.

 “Ada 3 warisan budaya yang diusulkan Indonesia di UNESCO, saat ini yang dibahas di 2024 menunggu keputusan UNESCO. Pertama Reog Ponorogo, kedua adalah kolintang, ini pengajuan bersama dengan Afrika dengan alat musik dari Afrika. Lalu ketiga kebaya,” ungkap Asisten Deputi Pemajuan dan Pelestarian Budaya Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Andre Notohamijoyo dalam dialog di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Senin (6/5/2024).

Andre pun menjelaskan bahwa kebaya menjadi warisan budaya UNESCO merupakan joint nomination dari lima negara yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan Thailand. Joint nomination merupakan sebuah mekanisme di mana dua atau lebih negara mengajukan kebudayaan secara bersama-sama setiap tahun sekali ke UNESCO.

“Kebaya ini sebetulnya merupakan join nomination dari 5 negara. Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei dan Thailand. Nah ini join nomination ini ditambah dengan Reog dan Kolintang,” jelasnya.

Andre pun mengatakan bahwa tiga warisan budaya ini menjadi target capaian Indonesia di UNESCO pada tahun 2024. Dia berharap Reog, Kolintang, dan Kebaya bisa menyusul Sumbu Filosofis Axis Yogyakarta dan jamu yang secara resmi telah diakui sebagai warisan dunia UNESCO pada tahun 2023 lalu.

“Ini juga mengulang sidang yang sama di 2023 yang menghasilkan sumbu filosofis Yogyakarta. Dan jamu sebagai warisan budaya dunia,” pungkasnya. 

Copyright ©2024 iNews.id. All Rights Reserved

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek