Sebanyak 282 Calon Jemaah Haji Asal Mataram Berisiko Tinggi - Kompas

 

Sebanyak 282 Calon Jemaah Haji Asal Mataram Berisiko Tinggi

MATARAM, KOMPAS.com - Kepala Kanwil Kemenag NTB, Zamroni Aziz menyebutkan, sebanyak 282 calon jemaah haji Kloter 1 asal Kota Mataram masuk kelompok berisiko tinggi.

"Hari ini kita terima di Asrama Haji Lombok, tentu tetap (konsep) jemaah haji ramah lansia. Data yang ada di kami lansia hari ini sebanyak 75 persen, kemudian yang pakai kursi roda ada 15 orang dan yang risiko tinggi ada 282 orang kemudian yang sehat 103 orang," kata Zamroni usai menerima calon jamaah haji, Sabtu (11/5/2024).

Zamroni mengingatkan kepada para petugas haji untuk maksimal dalam menjaga para jemaah haji selama pemberangkatan, menunaikan ibadah haji, hingga kepulangan jemaah haji ke Tanah Air.

Baca juga: 5 Pesan Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir untuk Jemaah Haji Indonesia

Selain lansia dan kelompok risiko tinggi, ada 15 calon jemaah haji yang menggunakan kursi roda pada keberangkatan haji Kloter 1 asal Kota Mataram. Para calon jemaah haji yang menggunakan kursi roda nantinya akan diberi label khusus, sehingga kursi roda bisa dibawa selama beribadah haji.

"Kami berharap kepada para petugas untuk betul-betul lebih maksimal dan konsep kami dari Kementerian Agama adalah pelayanan ramah lansia," kata Zamroni.

Baca juga: Seorang Calon Jemaah Haji Mataram Batal Berangkat karena Hamil 2 Bulan

Banyak minum

Calon jemaah haji diminta banyak minum air selama menjalankan ibadah haji karena suhu udara di Madinah diperkirakan mencapai 45 derajat celsius.

"Dianjurkan minum banyak untuk hindari dehidrasi, walaupun tidak haus harus minum," kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kota Mataram, Kasmi, Sabtu (11/5/2024).

Selain minum air, calon jemaah haji juga diminta membawa botol kecil berisi air untuk disemprotkan ke wajah.

"Kalau menurut informasi mendekati 45 derajat celsius, panas. Imbauan kita, begitu nanti jemaah kita tiba di Madinah tentu akan mengalami perubahan cuaca supaya nanti tidak terkejut jemaah ini sudah kita imbau membawa botol kecil untuk disemprotkan ke muka ini untuk menghindari panas," kata Kasmi.

Hari ini, sebanyak 395 orang calon jemaah haji Kloter 1 asal Kota Mataram telah dilepas oleh Wali Kota Mataram, Mohan Roliskana di halaman kantor Wali Kota Mataram dan masuk ke asrama haji.

Mereka akan di berangkatkan langsung dari Bandara Lombok menuju Bandara Pangeran Mohammad bin Abdulaziz, Madinah, Minggu (12/5/2024) pukul 09.40 Wita.

Kasmi menambahkan, jumlah total calon jemaah haji asal Kota Mataram berjumlah 669 orang. Ditambah petugas kloter yang menyertai jamaah sejumlah 10 orang, jadi total 679 orang.

Pemberangkatan calon jemaah haji asal Kota Mataram dibagi menjadi 2 kelompok terbang. Kloter 1 calon jemaah haji asal Kota Mataram mulai masuk ke asrama haji yaitu sebanyak 393 orang calon jemaah haji, Sabtu (11/5/2024).

Sementara kloter 2 calon jemaah haji asal Kota Mataram akan bergabung dengan Kabupaten Lombok Barat dan masuk ke asrama haji pada Minggu (19/5/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca Juga

Komentar