Syarifah Salma Istri Habib Luthfi Yahya Pekalongan Wafat, Inna Lillahi wa Inna Ilaihi Rajiun - Tribunnews

 

Syarifah Salma Istri Habib Luthfi Yahya Pekalongan Wafat, Inna Lillahi wa Inna Ilaihi Rajiun - Halaman all

Yayan Isro Roziki

Syarifah Salma binti Hasyim istri Maulana Habib Luthfi Yahya Pekalongan, wafat di RS Budi Rahayu Pekalongan.

TRIBUNMURIA.COM, PEKALONGAN - Inna lillahi wa inna ilaihi raijun. Berita duka datang dari keluarga besar Nahdliyin, Syarifah binti Hasyim yang merupakan istri dari Habib Luthfi bin Yahya Pekalongan wafat.

Syarifah binti Hasyim, istri Habib Luthfi wafat pada usia 66 tahun.

Istri Habib Luthfi wafat di RS Budi Rahayu Kota Pekalongan, Selasa (28/5/2024), sekitar pukul 21.55 WIB.

Kabar duka ini di antaranya dibagikan oleh akun media sosial (medsos) Instagram @pecinta_habib_muhammad_luthfi.

Akun muhibbin Habib Luthfi tersebut mengunggah flyer kabar duka dengan caption: 

"Berita duka

Telah meninggal dunia Syarifah Salma binti Hasyim bin Yahya (istri dari Habib Luthfi bin Yahya) pada usia 66 tahun 

Semoga almarhumah diampuni semua dosanya dan ditempatkan di Jannah terbaik di sisi Allah SWT dan smoga keluarga yg ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan."

Dilansir NU Online, kabar duka ini dikonfirmasi oleh Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Pekalongan H Muhtarom.

Muhtarom membenarkan kabar wafatnya istri Habib Luthfi.

Menurutnya, Nahdlatul Ulama (NU) sangat kehilangan tokoh perempuan yang sangat dekat dengan masyarakat tanpa membedakan suku, ras, maupun golongan.

"Semuanya diterima dengan baik dan sangat familiar, semoga almarhumah min ahlil khair," ujarnya.

Rais Idarah Syu'biyah Jamiyah Ahlit Thariqah Al-Mu'tabarah An-Nahdliyah (Jatman) Kota Pekalongan Habib Hasyim Basyaeban mengaku kaget atas kabar yang diterimanya melalui platform WhatsApp (WA).

Disampaikan, kabar terakhir yang diterimanya sebelum wafat, kondisi almarhumah memang kurang sehat. 

​​"Kabar kepergian Kak Salma panggilan akrab almarhumah sangat mengejutkan dan mengagetkan kita semua, semoga almarhumah min ahlil khair," ucapnya.  

Diketahui, pernikahan Habib Luthfi bin Yahya dengan Sarifah Salma dikaruniai 5 orang anak.

Yakni Habib Bahaudin al-Alawi bin Yahya, Syarifah Fatimah Ni'matuz az-Zainabi, Syarifah Ummu Hani, Syarifah Fatimah, dan Habib Muhammad Syarif Hidayatullah al-Huseini.

Menurut rencana almarhumah akan dimakamkan di pemakaman keluarga di komplek maqbarah Sapuro, Kota Pekalongan pada Rabu (29/5/2024) pukul 14.00 WIB.

Sosok perempuan bersahaja dan egaliter

Syarifah Salma binti Hasyim, kelahiran 1 Januari 1958, semasa hidupnya dikenal sebagai sosok perempuan yang sederhana, bersahaja, dan egaliter.

Ia kerap menemani Habib Luthfi ketika berdakwah dan menjalankan tugasnya sebagai Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres).

Baik Habib Luthfi maupun Syarifah Salma, merupakan sepasang suami istri yang sangat dihormati di kalangan Nahdliyin.

“Ibu Syarifah Salma adalah istri tercinta Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya yang sangat dihormati dan disegani Nahdliyin,” tulis Ahmad, salah satu murid Habib Luthfi di media sosial Facebook.

Kebaikan dan keramaian Syarifah Salma ketika bertegur sapa dengan masyarakat mendapatkan pujian yang luar biasa, dari banyak kalangan.

Bahkan, ketika tampil di acara-acara kebudayaan ia kerap mendapat sorotan netizen di media sosial.

Keduanya kerap menampilkan kehangatan yang menunjukan saling menyayangi satu sama lain.

Oleh sebab itu, dalam beberapa kesempatan, Habib Luthfi sering memberikan ceramah soal mewujudkan rumah tangga yang sakinah mawaddah warahmah.

Ribuan pelayat padati rumah duka

Suasana rumah duka Syarifah Salma di kediaman Habib Luthfi Yahya, Kota Pekalongan, Rabu (29/5/2024). (TribunMuria.com/Indra Dwi Purnomo)

Ribuan pelayat dari berbagai daerah mulai memadati rumah duka Syarifah Salma binti Hasyim, di Kota Pekalongan, Rabu (29/5/2024).

Syarifah Salma, istri Ketua Jatman Maulana Habib Luthfi Yahya, wafat pada Selasa (28/5/2024).

Menurut rencana almarhumah akan dimakamkan di pemakaman keluarga di komplek maqbarah Sapuro, Kota Pekalongan pada Rabu (29/5/2024) pukul 14.00 WIB.

Pagi ini terlihat, ribuan pelayat memadari kediaman Habib Luthfi, yang ada di Noyontaan GG 7, Kecamatan Pekalongan Timur, Kota Pekalongan.

Karangan bunga pun sudah terlihat dari rumah duka, hingga ke depan kanzuz sholawat. Terlihat karangan bunga dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit, Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Panglima TNI Jenderal Agus Subianto.

Sebelum dimakamkan di Pemakaman Sapuro, Kecamatan Pekalongan Barat, pada pukul 14.00 WIB, jenazah akan disalatkan pada pukul 13.00 WIB di Masjid Al Jami Kota Pekalongan.

Informasi yang diterima Tribunmuria.com, direncanakan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto akan datang untuk takziah di rumah duka.

Hal ini dibenarkan oleh Sekretaris Kanzuz Sholawat Sumardjo.

"Betul mas, rencananya almarhumah Umi Salma diberangkatkan dari rumah duka habis dzhur dan akan disalatkan di Masjid Al Jami Kauman, Kota Pekalongan," katanya. (*)

Sumber: TribunMuria.com

Baca Juga

Komentar