Pilihan

Tentara Israel Serbu 8 Kota Tepi Barat, Obrak-abrik Money Changer, IDF Dipukul Mundur di Nablus - Halaman all - TribunNews

 

Tentara Israel Serbu 8 Kota Tepi Barat, Obrak-abrik Money Changer, IDF Dipukul Mundur di Nablus - Halaman all - TribunNews

Tentara Israel Serbu 8 Kota di Tepi Barat, Obrak-abrik Tiap Money Changer, Mundur Seusai Dilawan di Nabulus

TRIBUNNEWS.COM - Pasukan pendudukan Israel (IDF) dilaporkan menyerbu delapan kota di Tepi Barat pada Rabu hingga Kamis (16/5/2024) dini hari

Kota-kota di Tepi Barat yang diserbu IDF itu antara lain Betlehem, Hebron, Jericho, Ramallah, Tubas, Jenin, Tulkarm, dan Nablus

Pada beberapa kota, pasukan Israel juga mengobrak-abrik sejumlah money changer (toko penukaran mata uang).

Baca juga: Tepi Barat Makin Mirip Gaza: 9 Tentara Israel Roboh di Tulkarm, Blokade Total Obat, Air, dan Makanan

"IDF menggerebek tempat-tempat penukaran uang di Tepi Barat yang diduduki dan menangkap pemilik serta pekerjanya," kata sumber kepada Anadolu, Kamis.

Penggerebekan tersebut memicu bentrokan dan sejumlah pemilik serta pekerja toko ditahan.

Penggerebekan di kota Tulkarm juga mengakibatkan terbunuhnya tiga warga Palestina, sementara dua lainnya terluka di Qalqilya, menurut Kementerian Kesehatan Palestina.

Di Nablus, platform berita Palestina melaporkan kalau pasukan pendudukan mundur dari kota tersebut setelah bentrokan sengit dengan pejuang perlawanan, menurut klip video yang diterbitkan oleh platform lokal.

"Saat fajar hari ini, pasukan pendudukan menyerbu kota Nablus dan sebagian besar kota di Tepi Barat, dan menargetkan toko penukaran uang di kota-kota tersebut," tulis Khaberni.

Ketegangan meningkat tinggi di Tepi Barat sejak Israel melancarkan serangan militer di Jalur Gaza setelah serangan lintas batas oleh Hamas pada 7 Oktober 2023.

Lemparan Batu Mampu Jatuhkan Drone

Potret meningkatnya eskalasi konflik di Tepi Barat bisa digambarkan lewat sebuah video viral.

Sebuah drone Israel berhasil dijatuhkan di Palestina, bukan dengan tembakan Anti-Drone Jammer Gun, tapi hanya  dengan satu kali lemparan batu oleh anak kecil.

Ironi David and Goliath terjadi di Palestina. Sebuah drone militer Israel berhasil dijatuhkan oleh bocah Palestina dengan satu kali lemparan batu.

Sebuah drone yang terbang tinggi di udara, berhasil dijatuhkan dengan lemparan batu oleh bocah Palestina.

Peristiwa itu terjadi di Beit Awwa, daerah di selatan Tepi Barat, Palestina.

Drone yang sedang terbang tinggi mampu dijatuhkan dengan lemparan batu kecil oleh bocah Palestina.

Momen drone Israel dijatuhkan itu pun viral di media sosial. Salah satunya diunggah di akun Instagram hiddenpalestine.  "Seorang anak muda Palestina menjatuhkan drone Israel di Tepi Barat" tulisnya.

"Seorang anak muda Palestina menyerang drone pengintai Israel dengan sebuah batu! Mata jahat di langit sudah tidak ada lagi!" tulis netizen.

"Seorang anak muda Palestina menjatuhkan drone Israel di Tepi Barat"

"Batu itu adalah Perlawanan"

"Mengingatkan kita pada David dan Goliat"

"Anak itu adalah legenda"

"Aku ingin memberi tepuk tangan pada anak itu"

"Anak muda dari Beit Awwa menjatuhkan drone Israel dengan batu" tulis salah seorang pengguna X.

"Lemparan batu anak Palestina mengguncang Drone Israel," tulis yang lainnya.

"Ironi David dan Goliat" tulis yang lainnya lagi.

"Dengan batu. Saya ulangi dengan Batu! Itu luar biasa. Mereka tidak berdaya melawan tenaga nuklir dengan persenjataan dan teknologi terkini yang didukung oleh negara adidaya di dunia, batu adalah satu-satunya senjata yang mereka miliki" tulis yang lainnya.

"Momen yang luar biasa... Mereka yang bertempur dengan orang-orang tak bersalah yang tidak punya senjata dan militer, Ini menunjukkan betapa lemahnya israel"

Perang dengan peralatan yang tidak berimbang sedang terjadi di Gaza.

Tentara Israel dengan senjata yang melimpah dan tidak pernah berhenti disuplai oleh Amerika Serikat melawan para pejuang Palestina dengan senjata yang sangat terbatas.

Namun dengan kegigihan, para pejuang Gaza terus berjuang.

Di Gaza, perlawanan dari pejuang Palestina terhadap tentara zionis Israel terus terjadi.

Baca juga: Harrison Mann, Eks-Perwira AS Resign karena Perang Gaza, Protes Sikap AS yang Mendukung Israel


Pasukan Israel Mulai Frustrasi, Akui Salah Menilai Kekuatan Hamas

Pasukan Israel menyesalkan kembalinya mereka ke Gaza utara beberapa bulan setelah mereka sebelumnya mengklaim sudah berhasil ‘membongkar’ Hamas.

Tentara Israel mengatakan mereka gagal 'menilai skala' infrastruktur militer Hamas pada tahap awal perang.

Pasukan Israel mengatakan mereka menghadapi kesulitan yang signifikan dalam pertempuran melawan perlawanan Palestina di kota Jabalia di utara Gaza, sebuah wilayah yang Israel diklaim beberapa bulan lalu telah dibersihkan dari pejuang Hamas.

Nyatanya, para pejuang Hamas bertumbuh lagi. Dan kerap melakukan serangan yang mengejutkan dengan jebakan-jebakan mematikan.

“Operasi baru di Jabalia dan wilayah lain di Gaza utara, seperti lingkungan Zeitoun di Kota Gaza, menunjukkan dua pembelajaran: bahwa IDF gagal menilai sepenuhnya skala infrastruktur militer Hamas di Gaza [selama putaran pertama pertempuran di kota tersebut bulan sebelumnya],” surat kabar Haaretz melaporkan pada 14 Mei.

“Ketika pasukan Israel meninggalkan wilayah tersebut, [Hamas] dengan cepat membangun kembali dirinya dalam kekosongan yang disebabkan oleh tidak adanya strategi ‘hari berikutnya’.”

Tel Aviv mengklaim pada awal Januari bahwa semua batalyon Hamas dibubarkan di Gaza utara, termasuk Jabalia.

Beberapa brigade tentara Israel kini kembali ke utara, dengan divisi ke-98 tentara beroperasi di Jabalia setelah dialihkan ke sana, bukan di Rafah, menurut Haaretz.

“Kami sedang dalam kontes pembelajaran dengan Hamas. Anda dapat melihat mereka telah mengubah taktik dan sekarang lebih fokus pada pemasangan alat peledak di gedung-gedung,” kata komandan Batalyon 196 tentara Israel.

Para pejuang Brigade Qassam Hamas dan kelompok lain seperti Brigade Quds Jihad Islam Palestina (PIJ) semakin sering menggunakan taktik memasang jebakan dan meledakkan bangunan yang berisi pasukan Israel.

Taktik tradisional, termasuk serangan RPG terhadap tank dan kendaraan, operasi penembak jitu, dan serangan mortir terhadap konsentrasi pasukan, terus digunakan.

Brigade Qassam merilis beberapa video selama beberapa hari terakhir yang menampilkan operasi mereka melawan pasukan di Jabalia.

Laporan Haaretz mencatat bahwa meskipun ada operasi skala besar di Jabalia beberapa bulan sebelumnya, kemampuan militer kelompok perlawanan tetap utuh.

Pada tanggal 14 Mei, pasukan Israel menyaksikan rentetan roket terbang di atas kepala, ditembakkan dari dekat mereka di Jabalia ke arah utara menuju Ashkelon.

“Sungguh membuat frustrasi melihat hal ini, tujuh setengah bulan setelah perang dimulai,” kata seorang komandan batalion ke-196.

Menurut Haaretz, tentara Israel yang bertempur di Jabalia semuanya menggunakan satu kata untuk menggambarkan kehadiran mereka di kota tersebut: “Sisyphean.”

Kata tersebut mengacu pada mitos Yunani tentang Sisyphus, yang dihukum oleh para dewa dengan memaksanya menggulingkan batu raksasa ke atas bukit, namun batu tersebut terguling kembali setiap kali dia mendekati puncak.

Pasukan cadangan juga semakin frustrasi karena mereka dikerahkan ke wilayah tempur tanpa tahu kapan mereka bisa kembali.

“Kami diberitahu bahwa, pada prinsipnya, kami akan datang selama satu bulan, namun intinya adalah kami di sini dengan perintah terbuka,” outlet Israel tersebut mengutip pernyataan seorang tentara cadangan, dan menambahkan bahwa beberapa dari mereka tidak melapor untuk melayani pada bulan tersebut.

Israel akan Mengincar Turki Target Berikutnya jika Hamas Dikalahkan, Kata Presiden Erdogan

Israel akan Mengincar Turki Target Berikutnya jika Hamas Telah Dikalahkan, Kata Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memperingatkan pada tanggal 15 Mei bahwa Israel akan “menargetkan” Turki jika menang melawan perlawanan Palestina di Jalur Gaza.

“Israel tidak akan berhenti di Gaza, dan jika tidak dihentikan, negara jahat ini pada akhirnya akan menargetkan Anatolia dengan khayalannya tentang tanah perjanjian,” kata Erdogan dalam pertemuan kelompok parlemen di Ankara.

“Kami akan terus mendukung Hamas, yang memperjuangkan kemerdekaan tanahnya sendiri dan membela Anatolia,” tegas presiden Turki.

“Pada Nakba, Hari Bencana, kami sekali lagi mendeklarasikan dengan seluruh keberadaan dan sumber daya kami bahwa kami mendukung Palestina dan perjuangan Palestina… Kami juga akan memastikan bahwa para pelaku genosida diadili,” tambah Erdogan.

Selama beberapa bulan terakhir, presiden Turki telah mengkritik keras pemerintah Israel atas genosida yang sedang berlangsung di Gaza. Namun, tindakannya jauh di belakang kata-katanya, karena Ankara membutuhkan waktu lebih dari enam bulan untuk mengakhiri hubungan dagangnya yang sangat menguntungkan dengan Israel.

Beberapa hari setelah mengumumkan pembekuan perdagangan, pemerintah Turki membatalkan sebagian keputusannya dengan mengeluarkan persetujuan sementara untuk pasokan bahan bangunan ke Israel. Ankara juga menahan diri untuk menghalangi aliran minyak dari negara tetangga Azerbaijan ke Israel.

Tel Aviv diam-diam telah memulangkan diplomatnya ke Turki dalam beberapa pekan terakhir setelah menarik mereka beberapa bulan lalu karena “masalah keamanan.”

Namun demikian, para pejabat Turki terus memberikan sinyal yang beragam, karena pada awal pekan ini, Menteri Luar Negeri Hakan Fidan mengatakan negaranya memutuskan untuk menyerahkan deklarasi intervensi resmi dalam kasus genosida Afrika Selatan terhadap Israel di Mahkamah Internasional (ICJ).

Israel secara sistematis membunuh ribuan warga Palestina yang tidak bersalah dan membuat seluruh wilayah pemukiman tidak dapat dihuni adalah kejahatan terhadap kemanusiaan, upaya genosida, dan manifestasi dari genosida,” kata Fidan kepada wartawan.

Meskipun ada kritik keras dari publik terhadap para pejabat Israel, karena Turki lambat dalam mengakhiri hubungan dagangnya dengan Israel, sesuatu yang menguntungkan dengan Tel Aviv.

(oln/khrbn/anadolu/tc/*)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek