Ukraina Copot Komandan Militer di Kharkiv, gara-gara Kalah dari Rusia? - inews

 

Ukraina Copot Komandan Militer di Kharkiv, gara-gara Kalah dari Rusia?

KIEV, iNews.id – Ukraina mencopot komandan militernya yang bertanggung jawab atas pertahanan garis depan di timur laut Wilayah Kharkiv. Keputusan itu diambil Kiev di tengah gencarnya serangan Rusia di daerah tersebut.

Kepada media setempat, RBC-Ukraine, Angkatan Bersenjata Ukraina mengatakan bahwa keputusan untuk mencopot komandan tersebut diambil akhir pekan lalu. Sejak Sabtu (11/5/2024), posisi tersebut diambil alih oleh Brigadir Jenderal Mykhailo Drapatyi. 

Tidak ada penjelasan lebih lanjut terkait perombakan komadan tempur itu. Akan tetapi, dalam beberapa waktu terakhir, Ukraina terus mengalami kerugian dalam pertempurannya melawan pasukan Rusia di Kharkiv.

Pada Minggu (12/5/2024), Rusia mengumumkan bahwa pihaknya telah merebut empat desa lagi di Kharkiv. Keempat desa itu adalah Hatyshche, Krasne, Morokhovets, dan Oliinykove.

Pasukan Ukraina saat ini tak bisa berbuat banyak. Mereka hanya mampu bersikap defensif terhadap Rusia. Pasalnya, militer Moskow memiliki keunggulan yang signifikan dalam hal sumber daya manusia dan amunisi bila dibandingkan dengan Ukraina.

Kiev menyatakan, penundaan kesepakatan pemberian bantuan militer untuk Ukraina di Kongres AS selama beberapa bulan telah merugikan mereka di medan perang. Kini, Ukraina berharap sejumlah besar bantuan baru yang telah disetujui Kongres AS bisa segera tiba untuk menopang upaya pertahanan mereka melawan Rusia.

Copyright ©2024 iNews.id. All Rights Reserved

Baca Juga

Komentar