Pilihan

1 Lagi Pemasok Senjata Api ke KKB di Jayapura Ditangkap, Pelaku ASN! - detik

 

1 Lagi Pemasok Senjata Api ke KKB di Jayapura Ditangkap, Pelaku ASN!

Jayapura 

- Polisi menangkap pria bernama Sarius Inday (58) terkait kasus jual beli senjata api (senpi) ilegal di Jayapura, Papua. Polisi mengatakan Sarius merupakan jaringan Petrus Oyaitouw (74) dan OM, 2 pria yang sebelumnya ditangkap karena memasok senpi ke petinggi KKB, Kepala Staf Kodap I Tabi berinisial SK.

"Satgas Ops Damai Cartenz-2024 kembali berhasil mengungkap tersangka baru (Sarius Inday) dalam kasus jual beli senjata api ilegal yang dilakukan OM dan Petrus Oyaitouw," kata Kepala Operasi Damai Cartenz-2024 Kombes Faizal Ramadhani, dalam keterangannya, Sabtu (8/6/2024).

Sarius ditangkap di Hamadi Kampung Nelayan, Distrik Jayapura Selatan, Jayapura pada Jumat (7/6) sekitar pukul 18.16 WIT. Faizal mengatakan Sarius merupakan pegawai negeri sipil (PNS) di Jayapura.

"Tersangka baru yang berhasil ditangkap adalah Sarius Indey, seorang pegawai negeri sipil. Penangkapan Sarius Indey merupakan hasil pengembangan dari penyelidikan terhadap Petrus Oyaitouw yang sebelumnya telah ditangkap," terangnya.

Sementara itu, Kasatgas Humas OPS Damai Cartenz-2024 AKBP Bayu Suseno mengatakan Sarius mengaku memberikan senjata ke Petrus Oyaitouw untuk digunakan berburu. Senjata tersebut ditemukan dalam keadaan berkarat di bekas kantor Dinas Perhubungan Jayapura.

"Sarius mendapatkan senjata tersebut dari anak-anak yang menemukan senjata berkarat di bekas kantor Dinas Perhubungan pada tahun 2021. Sarius kemudian menyerahkan senjata tersebut kepada Petrus Oyaitouw yang bermaksud memperbaikinya untuk digunakan berburu," bebernya.

Bayu mengungkap Sarius memberikan senjata api jenis suar kepada Petrus. Selain itu, Sarius juga memberikan uang Rp 10 juta kepada Petrus untuk dibelikan senjata api lainnya.

"Sarius Indey diketahui memiliki dan memberikan senjata jenis Suar kepada Petrus. Selain itu, Sarius juga memberikan uang sebesar Rp 10 juta kepada Petrus untuk pembelian senjata lainnya," ungkapnya.

Bayu menduga Sarius dan Petrus Oyaitouw terlibat dalam jaringan pemasok senjata api kepada KKB di wilayah Tabi. Saat ini, keduanya sedang diperiksa di Pos Satgas Damai Cartenz untuk penyelidikan lanjutan.

"Diduga kuat terlibat dalam jaringan pemasok senjata api kepada kelompok kriminal bersenjata di wilayah Tabi," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, Satgas Damai Cartenz pertama kali menangkap MO di Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura pada Senin (3/6) sekitar pukul 18.07 WIT. Saat itu, MO hendak menemui SK yang merupakan Kepala Staf Kodap I Tabi untuk penjualan satu pucuk senjata api.

Selanjutnya, polisi menangkap Petrus Oyaitouw di Kelurahan Hedam, Distrik Heram, Kota Jayapura, Selasa (4/6) sekitar pukul 12.00 WIT. Petrus adalah pelaku yang memasok senjata api ke OM.

Simak Video "TNI Ungkap Sederet Dosa KKB: Dari Pembunuhan hingga Pembakaran"



(hsr/hmw)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek