Pilihan

Apa Saja Manfaat Bendungan Sepaku Semoi yang Jadi Sumber Air Warga IKN? - suara

 

Apa Saja Manfaat Bendungan Sepaku Semoi yang Jadi Sumber Air Warga IKN?

SuaraKaltim.id - Bendungan Sepaku Semoi yang terletak di Desa Tengin Baru, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim) ini akan menjadi sumber air utama bagi Ibu Kota Nusantara (IKN).

Selain itu, Bendungan Sepaku Semoi ini juga akan menjadi sumber daya listrik bagi wilayah ibu kota negara baru ini.

Sebab rencananya, bendungan ini akan dilengkapi pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terapung berkapasitas 100 megawatt (MW).

Lantas apa saja manfaat dari Bendungan Sepaku Semoi ini?

Baca Juga:Mundur dari Kepala OIKN, Bambang Susantono Didukung Netizen Emban Jabatan Baru dari Jokowi

1. Penyedia Sumber Air Utama di IKN

Manfaat dari Bendungan Sepaku Semoi adalah sebagai penyedia air baku di IKN karena bendungan IKN ini memiliki kapasitas besar, yaitu 2.000 liter air per detik untuk IKN dan 500 liter per detik untuk wilayah Balikpapan.

Meski kapasitasnya besar, tetapi pemerintah berencana membangun bendungan lain di IKN, untuk memenuhi kebutuhan air baku.

2. Pengendali Banjir

Bendungan Sepaku Semoi juga akan berfungsi sebagai pengendali banjir, utamanya di daerah hilir.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, bahwa Bendungan Sepaku Semoi berfungsi untuk mereduksi banjir sampai dengan 53 persen.

Baca Juga:Jokowi Sumbang 68 Sapi Kurban, 2 untuk Kaltim, 25 Lagi Buat IKN

3. Pembangkit Listrik

Bendungan Sepaku Semoi juga kemungkinan akan menjadi “sumber listrik” bagi masyarakat IKN di masa depan.

Hal tersebut merujuk pada rencana pembangunan bendungan yang akan dilengkapi dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terapung.

Rencananya PLTS di Bendungan Sepaku Semoi berkapasitas 100 megawatt (MW).

Seperti diketahui, proyek Bendungan Sepaku Semoi merupakan proyek buatan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Bendungan ini mulai dibangun sejak masa pandemi Covid-19 di bulan Juli 2020 dengan progres konstruksi hingga pertengahan Januari 2023 sebesar 82,5%.

Kemudian kelanjutan dari progres pembangunan bendungan adalah pengisian air atau impounding yang sudah mulai dilakukan pada September 2023.

Adapun, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri yang melakukan pengisian awal di Bendungan Sepaku Semoi pada Kamis, 21 September 2023 lalu.

Kala itu, tindakan simbolis tersebut merupakan tonggak bersejarah bagi Indonesia, di mana Presiden Jokowi secara langsung memutar tuas untuk mengendalikan aliran air di bendungan tersebut.

Bendungan Sepaku Semoi memiliki kapasitas 2 ribu liter per detik untuk IKN dan 500 liter per detik yang dialokasikan untuk Balikpapan.

Bendungan tersebut dibangun untuk melayani pemenuhan air baku di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) dan sekitarnya.

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek