Pilihan

Borong Hasil Petani, Upaya TNI Sejahterakan Masyarakat Papua - Sindonews

 

Borong Hasil Petani, Upaya TNI Sejahterakan Masyarakat Papua

TNI terus berupaya untuk mensejahterakan masyarakat Papua. Hal itu dilakukan oleh Satgas Yonif 6 Marinir, di Kabupaten Yuhakimo, Papua Pegunungan. Foto/Istimewa

JAKARTA 

-

Tentara Nasional Indonesia (TNI) 

terus berupaya mensejahterakan masyarakat Papua. Hal itu dilakukan oleh Satuan Tugas Batalyon Infanteri (Satgas Yonif) 6 Marinir di Kabupaten Yuhakimo, Papua Pegunungan.

Mereka memborong hasil tani milik masyarakat perbatasan (Pamtas) RI-PNG Dekai Kabupaten Jayapura Provinsi Papua Pegunungan. Tujuannya adalah agar para petani semangat dalam mengolah lahan pertanian.

Berdasarkan keterangan tertulis Panglima Koops Habema, Brigjen TNI Lucky Avianto menyampaikan, pihaknya mendukung untuk melakukan borong hasil tani di wilayah Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo.

"Di saat pelaksanaan pengamanan wilayah tersebut para prajurit Satgas Yonif 6 Marinir berkesempatan melintasi area Pasar Distrik Dekai dan melakukan borong hasil tani atau Rosita milik warga Dekai yang sedang menjual hasil taninya," ujar Lucky, Selasa (25/6/2024).

Baca Juga

Panglima TNI: Daerah Papua secara Keseluruhan Kondusif

Dia mengungkapkan, kegiatan membantu para petani diharapkan dapat meringankan kesulitan masyarakat di daerah tugas.

"Sebagai seorang prajurit TNI selain melaksanakan tugas pengamanan, kami juga berkewajiban memberikan dukungan perekonomian dan juga merupakan bentuk peran TNI dalam mendukung upaya percepatan pembangunan di wilayah Papua," terang Lucky.

Lucky menegaskan, TNI berasal dari rakyat. Kesulitan yang dihadapi masyarakat harus segera diatasi dengan berbagai upaya kesejahteraan.

"Bermodalkan uang saku para prajurit TNI maka hasil tani yang diperdagangkan pagi hari itu dibeli dan dibawa oleh para prajurit kembali ke pos," ucap Lucky.

Upaya yang dilakukan TNI mendapat sambutan baik masyarakat khususnya dari para pedagang. "Kami berharap masyarakat untuk terus semangat bercocok tanam agar hasilnya nanti dapat dijual dan bermanfaat bagi orang lain," tutup Lucky.

Upaya serupa juga dilakukan oleh Satgas Pamtas Mobile RI-PNG Yonif 503/Mayangkara borong habis hasil bumi yang dimiliki masyarakat Desa Mumugu Kecamatan Batas Batu Kabupaten Nduga Papua. Sabtu(22/06/2024).

Mama-mama Papua tampak sangat berbahagia dengan adanya pasar kecil tersebut. Semua hasil bumi yang di gelar habis diborong oleh Kesatria Mayangkara. "Terima kasih bapak TNI telah memborong habis jualan kami," ucap mama Papua.

Lihat Juga: Kolaborasi Jadi Hal Utama Kebangkitan Petani Krisan

(maf)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek