Dianugerahi Bintang Bhayangkara Utama, Prabowo: Terima Kasih Kapolri, Kehormatan bagi Saya

 

Dianugerahi Bintang Bhayangkara Utama, Prabowo: Terima Kasih Kapolri, Kehormatan bagi Saya

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertahanan RI sekaligus presiden terpilih Prabowo Subianto mengucapkan terima kasih kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo beserta jajaran usai menerima tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Utama.

Terima kasih kepada Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dan seluruh keluarga besar Kepolisian Negara Republik Indonesia atas penganugerahan tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Utama yang diberikan pada saya,” tulis Prabowo dalam unggahan di akun Instagram resminya, @prabowo, Kamis (20/6/2024).

Menurut Prabowo, menerima Bintang Bhayangkara Utama merupakan suatu kehormatan bagi dirinya.

Prabowo pun berharap agar Korps Bhayangkara selalu dicintai rakyat.

Ini merupakan suatu kehormatan bagi saya, mari kita selalu mewujudkan keamanan, kenyamanan, dan kedamalan. Semoga Polri selalu dicintai rakyat Indonesia. Salam Presisi!” tulis Prabowo.

Penyematan Bintang Bhayangkara Utama itu dilakukan Kapolri Listyo di Ruang Rapat Utama Markas Besar (Mabes) Polri, Jakarta Selatan, Kamis siang.

Penyematan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) RI Nomor 112 TK tahun 2022 tentang Penganugrahan Bintang Bhayangkara Utama yang ditandatangani Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca juga: Jokowi Absen dalam Sidang Gugatan Bintang Empat Prabowo di PTUN

Dalam Keppres itu, Prabowo disebut berjasa besar terhadap pengembangan dan kemajuan Polri.

“Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa, menimbang dan seterusnya, memutuskan dan seterusnya, menetapkan menganugerahkan tanda kehormatan kepada Jenderal TNI (HOR) (Purn.) Datuk Seri H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo Menteri Pertahanan sebagai penghargaan yang berjasa besar terhadap pengembangan dan kemajuan kepolisian, ditetapkan di Jakarta, tertanda Joko Widodo,” ujar komandan upacara penyematan, dikutip dari keterangan pers resmi, Kamis.

Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, penghargaan Bintang Bhayangkara Utama ke Prabowo ini adalah bentuk apresiasi terhadap kerja sama dalam mengamankan NKRI.

Baca juga: Ada Erick Thohir pada Pertemuan Prabowo dan Ketum Parpol KIM, Begini Penjelasan Airlangga

“Ini adalah penghargaan yang diberikan atas hubungan timbal balik dan kerja sama dalam upaya peningkatan keamanan NKRI,” kata Dedi.

Dalam Peraturan Kapolri Nomor 4 Tahun 2012 disebutkan, terdapat tiga Tanda Kehormatan Bintang Bhayangkara, yakni Bintang Bhayangkara Utama, Bintang Bhayangkara Pratama, dan Bintang Bhayangkara Nararya.

Bintang Bhayangkara Utama kelas tertinggi, disusul Bhayangkara Pratama dan Bhayangkara Nararya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca Juga

Komentar