Pilihan

Hasil Kualifikasi Piala Dunia: Indonesia Menang, Lolos ke Babak Ketiga - CNN Indonesia

 

Hasil Kualifikasi Piala Dunia: Indonesia Menang, Lolos ke Babak Ketiga

Jakarta, CNN Indonesia 

--

Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Filipina dengan skor 2-0 dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (11/6). Indonesia pun lolos ke babak ketiga dan memastikan diri tampil di Piala Asia 2027.

Timnas Indonesia tampil dominan sejak awal babak pertama. Skuad Garuda terus menekan pertahanan Filipina dan menciptakan peluang demi peluang.

Setelah sejumlah peluang terbuang, Timnas Indonesia akhirnya bisa memecah kebuntuan di menit ke-32. Gol pertama Timnas Indonesia dicetak oleh Thom Haye.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menerima umpan dari Nathan Tjoe-A-On, Thom Haye langsung berlari menuju ke kotak penalti Filipina. Namun sebelum memasuki kotak penalti, Thom Haye memutuskan melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti.

Tembakan Thom Haye meluncur indah masuk ke gawang tanpa bisa dibendung oleh kiper Filipina, Kevin Ray Mendoza. Mendoza hanya bisa terpana melihat bola masuk ke gawang.

Unggul satu gol di babak pertama membuat Timnas Indonesia tampil lebih percaya diri di babak kedua. Skuad Garuda langsung menekan begitu babak kedua dimulai.

Tim arahan Shin Tae Yong ini sadar bahwa keunggulan satu gol belum benar-benar membuat mereka bernapas lega. Gol yang diharapkan kemudian hadir di menit ke-56 lewat Rizky Ridho.

Gol tersebut bermula dari skema bola mati. Tendangan bebas Nathan Tjoe-A-On sukses disambut oleh sundulan kepala Rizky Ridho yang lepas dari kawalan pemain-pemain Filipina.

Memimpin dua gol tak membuat Timnas Indonesia menurunkan ritme permainan. Mereka terus menekan pertahanan Filipina sedangkan Filipina hanya bisa sesekali memberikan serangan ke pertahanan Indonesia.

Pada menit ke-71, Timnas Indonesia nyaris mencetak gol ketiga. Sayangnya sundulan Jay Idzes hasil umpan sepak pojok Thom Haye hanya membentur tiang.

Filipina sendiri tidak putus asa untuk bisa mencetak gol ke gawang Indonesia. Dalam upaya mencetak gol ke gawang Indonesia, pemain Filipina Adrian Ugelvik mengalami cedera saat berbenturan dengan Ernando Ari pada menit ke-85. Ambulans lalu masuk ke lapangan untuk melakukan evakuasi dan membawa Ugelvik mendapatkan perawatan lanjutan.

Pertandingan sempat terhenti sekitar enam menit akibat insiden tersebut. Di sisa waktu yang ada, tak ada gol yang tercipta. Indonesia menang 2-0 dan lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 sekaligus memastikan diri lolos ke Piala Asia 2027.

Indonesia (3-4-3)

Ernando Ari (PG); Rizky Ridho, Jay Idzes, Justin Hubner; Asnawi Mangkualam, Thom Haye, Nathan Tjoe-A-On (Ivar Jenner 63), Calvin Verdonk (Pratama Arhan 67); Marselino Ferdinan, Ragnar Oratmangoen, Rafael Struick (Yakob Sayuri 63)

Filipina (4-2-3-1)

Kevin Ray Mendoza (PG); Scoot Woods, Andrian Ugelvic, Santiago Rublico, Jesper Nyholm; Michael Baldisimo (Amani Aguinaldo 72), Kevin Ingreso; Dylan Demuynck, Zico Balley, Alex Monis (Pail Bismarck Tabinsa 67); Patrick Reichelt (Pocholo Bugas 67)

(ptr)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek