Pilihan

Israel Dihujani 90 Roket dari Lebanon Usai Komandan Hizbullah Tewas - detik

 

Israel Dihujani 90 Roket dari Lebanon Usai Komandan Hizbullah Tewas

Tel Aviv 

-

Militer Israel menyebut sekitar 90 proyektil, yang diduga roket, ditembakkan dari Lebanon ke bagian utara wilayahnya pada Rabu (12/6) waktu setempat. Hujan roket ini terjadi setelah serangan udara Tel Aviv menewaskan seorang komandan senior Hizbullah di Lebanon bagian selatan sehari sebelumnya.

Seperti dilansir AFP dan Al Arabiya, Rabu (12/6/2024), militer Israel dan kelompok Hizbullah hampir setiap hari terlibat serangan lintas perbatasan sejak perang berkecamuk di Jalur Gaza pada Oktober tahun lalu.

"Beberapa saat yang lalu, sekitar 90 proyektil diidentifikasi mengudara dari Lebanon," demikian pernyataan terbaru militer Israel.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Disebutkan oleh militer Tel Aviv bahwa beberapa proyektil itu berhasil dicegat dan ditembak jatuh, namun beberapa lainnya menghantam wilayah Israel bagian utara hingga memicu kebakaran di beberapa area.

Saat suhu udara meningkat dalam beberapa hari terakhir, serangan lintas perbatasan antara Israel dan Hizbullah telah memicu kebakaran hutan di kedua sisi perbatasan.

Rentetan puluhan roket dari Lebanon itu, sebut militer Israel, diikuti oleh sekitar 70 proyektil lainnya beberapa saat kemudian.

Layanan medis darurat Israel, Magen David Adom, menyatakan belum ada laporan korban jiwa akibat serangan roket dari Lebanon tersebut.

Simak Video 'Isi Resolusi Gencatan Senjata PBB versi AS yang Disetujui Hamas':

Simak berita selengkapnya di halaman berikutnya.

Serangan roket dari Lebanon itu terjadi setelah serangan udara Israel menewaskan seorang komandan senior Hizbulah pada Selasa (11/6). Kelompok Hizbullah yang didukung Iran mengidentifikasi komandannya yang tewas sebagai Taleb Sami Abdallah, yang juga dikenal sebagai Abu Taleb, kelahiran tahun 1969.

Sumber militer Lebanon menyebut komandan Hizbullah yang tewas sebagai "orang paling penting di Hizbullah yang tewas sejauh ini sejak dimulainya perang".

Sumber tersebut juga mengatakan bahwa serangan udara Israel yang menghantam kota Jouaiyya, yang berjarak 15 kilometer dari perbatasan, menewaskan tiga orang lainnya.

Kelompok Hizbullah, dalam pernyataannya, mengatakan pasukannya meluncurkan "puluhan roket Katyusha" terhadap tiga pangkalan militer di wilayah Israel bagian utara dan menyerang "pabrik militer" dengan rudal "sebagai respons atas pembunuhan yang dilakukan oleh musuh Zionis".

Simak Video 'Isi Resolusi Gencatan Senjata PBB versi AS yang Disetujui Hamas':

(nvc/idh)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek