Pilihan

Israel Tuding Hamas Tolak Proposal Gencatan Senjata Gaza yang Diusulkan Joe Biden - inews

 

Israel Tuding Hamas Tolak Proposal Gencatan Senjata Gaza yang Diusulkan Joe Biden

TEL AVIV, iNews.id - Hamas dilaporkan menolak proposal gencatan senjata Gaza yang telah digariskan oleh Presiden AS Joe Biden. Hal itu dikatakan seorang pejabat Israel, tadi malam, setelah Tel Aviv menerima tanggapan dari kelompok pejuang Palestina melalui para mediator.

“Malam ini, Israel menerima, melalui para mediator, tanggapan Hamas. Sebagai tanggapannya, Hamas telah menolak proposal pembebasan tawanan yang diajukan oleh Presiden Biden,” kata pejabat Israel yang tidak ingin disebutkan namanya itu, Selasa (11/6/2024).

“Mereka (Hamas) telah mengubah semua parameter utama dan paling berarti,” kata pejabat itu.

Hamas pada Selasa secara resmi menanggapi usulan gencatan senjata AS untuk perang yang telah berlangsung selama delapan bulan di Jalur Gaza. Israel mengatakan tanggapan tersebut sama saja dengan penolakan. 

Sementara seorang pejabat Hamas mengatakan pihaknya hanya mengulangi tuntutan lama yang belum dipenuhi oleh proposal yang ada saat ini.

Mesir dan Qatar mengatakan, mereka telah menerima tanggapan Hamas terhadap proposal yang digariskan oleh Presiden AS Joe Biden pada 31 Mei. Akan tetapi, mereka tidak mengungkapkan isinya.

Amerika Serikat mengklaim Israel telah menerima usulan Biden. Namun Israel belum secara terbuka menyatakan hal itu. Pada saat yang sama, militer Israel terus melakukan serangan di Jakur Gaza Tengah dan Selatan. Serangan zionis di dua kawasan itu bahkan termasuk yang paling berdarah dalam perang yang meletus pertama kali pada 7 Oktober 2023 itu.

Israel telah berulang kali mengatakan bahwa mereka tidak akan berkomitmen untuk mengakhiri perangnya di Gaza sebelum Hamas dilenyapkan.

Sebelumnya, seorang pejabat non-Israel yang memberikan penjelasan mengenai masalah ini, yang menolak disebutkan namanya, mengatakan bahwa Hamas mengusulkan batas waktu baru untuk gencatan senjata permanen dengan Israel dan penarikan pasukan Israel dari Gaza, termasuk Rafah.

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek