Pilihan

Joe Biden: Putin Ingin Bangun Kembali Uni Soviet! - inews

 

Joe Biden: Putin Ingin Bangun Kembali Uni Soviet!

WASHINGTON DC, iNews.id - Presiden AS Joe Biden mengklaim Presiden Rusia Vladimir Putin sedang berusaha untuk mendirikan kembali Uni Soviet. Menurut dia, Putin ingin kembali ke era Perang Dingin ketika NATO (Blok Barat) dan Organisasi Pakta Warsawa (Blok Timur) saling berhadapan.

“Dia (Putin) mengatakan ini adalah bagian dari upaya membangun kembali Uni Soviet. Itulah inti dari semua ini,” kata Biden dalam wawancara dengan Time.

Pekan lalu, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan, justru Amerika Serikat tetap mempertahankan NATO pascapembubaran aliansi pertahanan Pakta Warsawa yang dipimpin Soviet pada 1991. Dia pun menyebut justru Washington DC menggunakan aliansi itu sebagai alat untuk mengendalikan sekutu-sekutu AS di Eropa.

Moskow sendiri telah mengkritik NATO selama bertahun-tahun atas pembangunan kekuatan yang belum pernah terjadi sebelumnya di sepanjang perbatasan barat Rusia. Aliansi Barat itu berdalih tujuan mereka adalah mencegah "agresi Rusia". 

Eksistensi NATO yang masih bertahan sampai sekarang dan bahkan terus melakukan ekspansi ke timur Eropa membuat Rusia merasa semakin terdesak. Pada saat yang sama, sifat NATO yang tadinya hanya untuk pertahanan (defensif) kini telah berubah makin ofensif.

Kremlin pun mengatakan, Rusia tidak akan mengabaikan perilaku pihak mana pun yang mengancam kepentingannya.

Copyright ©2024 iNews.id. All Rights Reserved

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek