Pilihan

Jokowi Pernah Tolak Grasi 7 Terpidana Kasus Vina Cirebon, Ini Kata Istana - inews

 

Jokowi Pernah Tolak Grasi 7 Terpidana Kasus Vina Cirebon, Ini Kata Istana - Bagian All

JAKARTA, iNews.id - Tujuh terpidana kasus pembunuhan Vina dan Eky pernah mengajukan grasi ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2019 silam. Tujuh terpidana tersebut yakni Rivaldi Aditya Wardana, Eko Ramadhani, Jaya, Supriyanto, Eka Sandi, Hadi Saputra dan Sudirman.

Grasi tersebut kemudian ditolak Presiden Jokowi. Terkait hal itu, Kepala Staf Presiden, Moeldoko hanya merespons singkat.

"Ini ada proses lanjutan hukum," kata Moeldoko di Kompleks Istana Negara, Kamis (20/6/2024).

Moeldoko menilai akan ada proses lanjutan kasus pembunuhan yang menyita perhatian publik ini.

"Mungkin nanti akan dilihat lagi bagaimana kelanjutan dari proses Vina ini," ujar Moeldoko.

Di tempat yang sama, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly juga tak menjelaskan lebih detail terkait pengajuan grasi itu. Dia mengaku akan mengecek terlebih dahulu mengenai grasi tersebut.

"Saya harus cek dulu itu, cek dulu," kata Yasonna.

Sebelumnya, Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho mengatakan, ketujuh terpidana pernah mengajukan grasi pada 24 Juni 2019. Dalam permohonan grasi itu, para terpidana mengaku bersalah dan menyesali perbuatan.

"Saya bacakan ‘Saya menyadari sepenuhnya perbuatan saya salah dan menyesali akibat perbuatan saya yang menyebabkan penderitaan bagi keluarga korban maupun keluarga saya sendiri. Pernyataan ini dibuat secara sadar tanpa intimidasi dari siapa pun'," kata Sandi membacakan grasi para terpidana, Kamis (19/6/2024).

Sandi menjelaskan, permohonan grasi tersebut ditolak oleh Presiden Jokowi.

"Putusan dari grasi tersebut dibuat dengan Nomor 14 G Tahun 2020 tentang penolakan permohonan grasi. Berarti permohonan dari para pelaku ditolak oleh presiden dengan putusan grasi tersebut," katanya.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek