Kapolri Tegaskan Tampung Masukan Semua Pihak terkait Kasus Vina - inews

 

Kapolri Tegaskan Tampung Masukan Semua Pihak terkait Kasus Vina - Bagian All

JAKARTA, iNews.id - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan, pihaknya menampung semua masukan dari berbagai pihak soal penanganan kasus pembunuhan Vina dan Eky di Cirebon. Saran tersebut termasuk dari berbagai lembaga seperti Kompolnas hingga Komnas HAM.

Sigit memastikan, polisi tidak pernah melarang pihak mana pun untuk memberikan masukan.

"Teman-teman dari Komnas (HAM), Kompolnas, ataupun seluruh pihak yang memang peduli terhadap kasus ini, tentunya bisa memberi masukan dari sisi keahlian masing-masing," kata Sigit di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Jakarta, Sabtu (22/6/2024).

"Ini semuanya tentu akan dihimpun, dirangkum, menjadi satu keputusan atau kesimpulan," sambungnya.

Namun, Kapolri menegaskan, kritik dan saran yang masuk ke Polri juga harus diteliti agar sesuai dengan fakta di lapangan.

"Tentunya yang paling kita utamakan, apabila memang betul ada fakta, tentu tugas polisi untuk membuktikan," katanya.

Sebaliknya, apabila memang ditemukan ada kekurangan, maka dia meminta agar jajarannya transparan.

Sebelumnya, Kapolri memerintahkan tim Propam, Irwasum dan Bareskrim untuk mengasistensi kasus pembunuhan Vina dan Eky di Cirebon. Tim tersebut akan membantu Polda Jawa Barat. 

"Kami sudah pesan kepada Polda Jawa Barat dan juga menurunkan tim asistensi dari Propam, dari Irwasum, dari Bareskrim Polri karena memang peristiwanya yang terjadi 2016," kata Sigit.

Dia juga meminta jajarannya melihat langsung fakta dan kebenaran dalam kasus Vina, meskipun perkara tersebut memiliki kekuatan hukum tetap dari pengadilan.

Baca Juga

Komentar